Apa menariknya Chicken Anemia Virus?

Chicken anemia virus (CAV) adalah virus yang menginfeksi ayam. Bagi mereka yang berkecimpung di dunia peternakan atau kedokteran hewan, mungkin tidak asing lagi dengan virus ini. Tapi bagi dunia kedokteran manusia?

Di tempat saya studi, kami bekerja dengan virus ini. Padahal, saya dokter manusia, dan tempat studi saya juga fakultas kedokteran manusia. Alasan prof waktu itu adalah, lab kami lab kecil, jadi sulit bersaing dengan lab besar jika bekerja dengan virus “besar” seperti HIV, virus hepatitis, dll. Alasan yang kedua adalah, anda tahu Torque Teno Virus (TTV)? Virus ini mulanya diduga menyebabkan hepatitis pada manusia, namun sampai sekarang belum diketahui peranannya dalam hepatitis maupun penyakit yang lain pada manusia. Sampai sekarang TTV ini belum dapat dibiakkan di laboratorium. Beberapa penelitian membuktikan bahwa pengaturan genomik kedua virus ini mirip sekali. Kedua virus ini sama-sama virus DNA, sirkular, untai negatif, dapat menghasilkan lebih dari 1 RNA dengan mekanisme splicing, pengaturan Open Reading Frame-nya mirip, dan masing-masing fungsi dari ketiga protein mayor milik CAV ternyata hampir sama dengan ketiga protein mayor milik TTV. Saya pribadi menemukan bahwa fungsi protein ketiga CAV (CAV-VP3) dapat digantikan oleh protein ketiga TTV (TTV-VP3). Karena itu, banyak peneliti yang menggunakan CAV sebagai model untuk mempelajari TTV.

Lalu, menarikkah CAV bagi saya? Hm, sampai akhir tahun lalu, bagi saya, mempelajari CAV adalah hanya sekedar “jalan” untuk belajar teknik dasar biologi molekular, seperti kloning, mutagenesis, DNA rekombinan, western-southern-northern, dan sebangsanya. Saya bahkan tidak begitu peduli, mau diterbitkan di jurnal apa paper saya nantinya. Sampai kemudian saya menemukan sesuatu yang mungkin unik dari virus ini. Ukuran virus ini yang kecil membuatnya mudah diutak-atik untuk dipelajari. Dan, anda tahu mekanisme yang terjadi ketika sel mengalami stres? Hey, virus ini MUNGKIN dapat dijadikan alat untuk membantu kita mempelajari mekanisme inisiasi translasi RNA ketika sel mengalami stres. Ini paper saya selanjutnya, InsyaAllah. Doakan, ya.

4 Responses to “Apa menariknya Chicken Anemia Virus?

  • Selamat bekerja Mas Afie PhD cand,semoga kegigihannya dapat menular ke kita2.Amin

    afie: buat dr Brian PhD cand, makasih, semoga kepintarannya dapat menular ke kita2, amin.:)

  • ganbatee yo ..

  • He2 Mas Afi ini merendah meninggikan mutu

    afie: lha aku kan belajar dari dr Brian PhD cand yang hebat iniā€¦:)

  • Great article. Thanks for the great resource.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Skip to toolbar