Tips Menerbitkan Naskah di Jurnal Internasional

Selain masalah data, penyajian data, bahasa Inggris, alur berpikir ilmiah, dan format yang sesuai dengan jurnal yang dituju, ada 1 tips penting yang sering dilupakan oleh para peneliti pemula ketika memasukkan naskahnya ke jurnal internasional. Yaitu, jangan lupa merujuk paper milik para peneliti yang menjadi pemimpin di bidang yang kita teliti!!!

Beda mendasar antara jurnal nasional/lokal dan jurnal internasional adalah, editor dan jurinya. Kalau di jurnal nasional/lokal, biasanya, editor hanya berperan mengedit naskah. Kemudian yang menjadi juri, biasanya, “hanya” profesor/doktor yang sudah bekerja sama atau mempunyai ikatan dengan jurnal tersebut. Artinya, sering yang menilai naskah kita tidak begitu paham dengan apa yang kita tulis (Misalkan naskah kita tentang replikasi HIV-1, kemudian di “daftar profesor” yang dimiliki oleh jurnal tersebut kebetulan adanya hanya profesor yang menekuni virus Influensa, ya dikirimlah naskah kita itu ke profesor tersebut. Padahal mana nyambung HIV dengan virus Influensa?). Itulah potret sebagian besar jurnal nasional/lokal kita.

Sedangkan jurnal internasional, terutama yang bermutu tinggi, naskah kita sudah dinilai sejak pertama kali datang. Jika format naskah kita tidak sesuai dengan format yang diminta, naskah kita akan langsung ditolak. Jika data dalam naskah kita tidak sesuai dengan “standart” yang diminta, akan langsung ditolak pula. Editor disini berperan sangat besar.

Jika lolos dari penilaian editor, naskah kita akan dikirimkan ke peneliti-peneliti yang dianggap oleh editor sebagai pemimpin/tokoh utama di bidang yang kita tulis, jadi tidak dikirimkan ke sembarang profesor atau juri. Yang dianggap pemimpin adalah yang publikasinya di jurnal yang berkualitas tinggi cukup besar. Di bidang tertentu, jumlah pemimpin/tokoh utama ini sangat sedikit. Jadi, meskipun naskah kita kirimkan ke jurnal manapun, sampainya ke tokoh ini juga. Disini jika kita lupa merujuk paper si tokoh tersebut, maka jangan harap dia akan memberikan penilaian yang positif.

Bagaimana kita tahu siapa yang menjadi tokoh/pemimpin di bidang yang kita tulis? Kalau bahan bacaan kita cukup banyak, kita pasti tahu. Kalau anda tidak tahu, berarti bacaan anda kurang banyak. Lagipula, kriteria pemimpin/tokoh ini sangat spesifik. Artinya, misalkan kita menulis tentang replikasi virus Avian Influenza, cari nama peneliti yang paling sering publikasi tentang replikasi virus Avian Influenza di jurnal berkualitas tinggi. Kita tidak perlu peduli dengan nama peneliti lain yang terkenal meneliti proses patogenesis virus Avian Influenza, misalnya. Bagaimana kalau yang jadi tokoh/pemimpin ternyata ada beberapa orang? Masukkan semuanya! Kita tidak pernah tahu, siapa dari mereka yang akan menilai naskah kita (meskipun kadang kita diminta mengajukan calon juri, belum tentu calon kita disetujui oleh editor!).

Karena itu, tips tambahan untuk masalah ini, usahakan agar rujukan dalam naskah kita berasal dari paper-paper yang dipublikasikan di jurnal internasional yang berkualitas tinggi. Saya pribadi, selalu berusaha agar hanya paper yang dipublikasikan di jurnal dengan impact factor di atas 3 (untuk penelitian dasar, jurnal dengan impact factor di atas 3 biasanya kualitasnya sangat bagus) yang saya masukkan sebagai rujukan. Yang di bawah 3, kalau tidak kepepet sekali tidak saya pakai.

2 Responses to “Tips Menerbitkan Naskah di Jurnal Internasional

  • menarik sekali tips2-nya dok,
    tapi blm sanggup nyoba 😀
    masi level baca2 dulu

  • candreswari
    9 years ago

    kalau semisal jurnal internasional yang telah diterima. trus kalau jurnal itu diterbitkan/ dibukukan itu biasanya ada kode seri apanya. ISSN kah????

    afie: kode seri yang mana ya yang dimaksud? ISSN itu untuk jurnalnya. Manuskrip kita nanti ada nomor kode-nya (yang bisa digunakan untuk membeli softprint paper atau jurnal yang memuat paper kita dengan harga khusus author). Untuk jurnal yang ada versi online-nya, maka paper kita juga mendapatkan DOI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Skip to toolbar