Afie’s

doctor-lecturer-virologist-microbiologist-molecular biology

Sering Berkeringat Berlebihan (Hiperhidrosis) di Telapak Tangan & Kaki = Tanda Penyakit Jantung atau Paru?

Seorang rekan (Joko) menanyakan “saya sering keringatan di telapak tangan dan kaki pak,apa karena saya sering kerja di ruang ber ac, konon kata orang2 ada kelainan di jantung ato paru paru ya pak?”

Sebelumnya, sekedar info, penyakit jantung sebenarnya ada banyak. Mulai dari penyakit jantung kongenital (dibawa sejak lahir), gangguan ritme, gangguan vaskularisasi (aliran pembuluh darah) termasuk disini penyakit jantung koroner, gangguan katup jantung, gangguan otot jantung, dan gangguan perikardium (selaput yang melingkupi jantung). Masing-masing golongan masih terbagi menjadi beberapa diagnosis klinis. Penyakit paru juga begitu, ada penyakit jantung kongenital, penyakit paru karena gangguan sistemik, karena proses sumbatan di jalan nafas, infeksi, tumor, gangguan pleura paru (selaput yang melingkupi paru) dan gangguan diafragma. Saking banyaknya penyakit di jantung dan paru, maka di dunia kedokteran ada spesialis yang khusus mengurusi dua organ ini. Dahulu menjadi satu spesialis yaitu spesialis jantung paru, sekarang sudah dipisah menjadi spesialis jantung (untuk jantung) dan spesialis paru (untuk paru).

Sering berkeringat yang berlebihan di telapak tangan dan kaki merupakan salah satu manifestasi hiperhidrosis (pengeluaran keringat yang berlebihan).  Hiperhidrosis yang hanya terjadi secara lokal di telapak tangan dan kaki (juga ketiak), biasanya disebabkan stimulasi emosi dan atau suhu (Stimulasi emosi kadang lebih kuat dibandingkan stimulasi suhu). Hiperhidrosis ini biasanya mulai timbul ketika masa kanak-kanak atau masa dewasa muda. Biasanya hal ini sering muncul ketika kita sedang mengalami stress (karena tekanan pekerjaan atau menjelang ujian). Selain karena pengaruh emosi dan suhu, hiperhidrosis jenis ini dapat ditemukan pada mereka yang mencandu alkohol.

Hiperhidrosis (berkeringat yang berlebihan) yang terjadi secara general (di seluruh tubuh) dapat merupakan manifestasi klinis yang dapat ditemukan pada beberapa penyakit jantung tertentu, namun hiperhidrosis lokal (hanya di tangan dan atau kaki) bukan manifestasi klinis spesifik penyakit jantung dan atau paru. Hiperhidrosis yang terjadi secara general pun bukan petanda adanya penyakit jantung dan atau paru, karena sering hanya berupa manifestasi klinis yang menyertai, bukan manifestasi klinis utama. Keluhan yang sering ditemukan pada pasien dengan penyakit jantung dan atau paru adalah sesak (kesulitan bernafas) dan nyeri dada. Jadi untuk Pak Joko, jika hanya keringat yang berlebihan di kedua tangan dan atau di kedua kaki tanpa disertai keluhan sesak, jantung berdebar-debar, nyeri dada, batuk, atau keluhan yang lainnya, InsyaAllah bukan karena tanda penyakit jantung dan atau paru.

December 25th, 2008 Posted by at 10:57am | Kesehatan | 27 comments

27 Comments »

  1. waw..pertamax mahhal dok

    Comment by Nyante Aza Lae | December 25, 2008

  2. terus terang dq juga pernah denger “mitos” ini dan mmg dq sempat khawatir, krn tlapak tangan n kakiku tkadang berkeringat..makasih infonya dok!

    Comment by Nyante Aza Lae | December 25, 2008

  3. makasih atas informasinya dok, sangat bermanfaat… :)

    Comment by masiqbal | December 25, 2008

  4. Iya tuh, dulu ada temen saya yang panik karena sering keringetan gitu. Trus dia nyoba lari sekitar seratus meter. Katanya se kalo kuat berarti bukan masalah jantung gitu. . . *sok tahu mode ON*

    afie: temennya nggak sok tahu kok…

    Comment by s H a | December 25, 2008

  5. ow gitu. makasih infonya

    Comment by LiputanOne | December 25, 2008

  6. oh gitu. makasih infonya

    Comment by LiputanOne | December 25, 2008

  7. saya hampir tiap hari mengalami kaya gitu dok,,buat pencegahanya gimana y dokter,,karena menganggu banget saat saya aktifitas..
    makasih dok atas saranya..

    Comment by rudianto | July 6, 2009

  8. dok klo obatnya apa y ?truz makanan yang baik buat mengurangi hal tersebut apa ? saya mersa terganggu bngt dengan hal tersebut…makasi dok sebelumnya

    Comment by angga | July 29, 2009

  9. info nya manfaat sekali.. terimakasih..

    Comment by asmara dya | August 6, 2009

  10. Dok… saya sering banget mengalami rasa nyeri di sekitar dada, juga jantung yang berdebar-debar secara tiba-tiba. Apakah ada tanda-tanda penyakit jantung? sebagai catatan dulu waktu SD pernah ada flek di paru-paru, berobat jalan selama setahun..
    Mohon jawabannya. Terima Kasih.

    Comment by sylfia | August 18, 2009

  11. obat untuk hiperhidrolisis lokal apa dok????

    Comment by hendrik | October 28, 2009

  12. dok, kalo saya sering sekali berkeringat, padahal cuma jalan kira-kira 200 meter dok. tapi bedanya telapak tangan saya tidak berkeringat sama sekali dok. saya bingung sama keringat saya yang berlebihan dok.
    mohon jawabannya dok, terima kasih

    Comment by oji | March 18, 2011

  13. sya juga ngrasain itu dok, sya sering berkeringat brlebihan di tlapak tngan dan kaki sya, sya kwtir klo terjadi apa2,kdang jantung sya berdbar keras 1x, dan sya kget gtu.. tp kta dokter sya gg pa2 cma kbanyakan pkiran aja gtu..

    Comment by ayux | May 4, 2011

  14. wah makasih infonya jadi lega jadinya!

    Comment by badiel | July 2, 2011

  15. apa obatnya dok soalnya mengganggu banget…??

    Comment by nova pjn | July 5, 2011

  16. Gimana ya dok… Saya berkeringat bukan cuma di telapak tangan ajah,, tapi ditelapak kaki juga…
    Walaupun sy ga pake sepatu,, kaki saya kadang-kadang mengeluarkan bau tidak sedap karena basah…
    terus,, kalau pas tangan sy lagi ga’ basah,,, tangan dan kaki saya malah keriiiiing banget…. sampe2 rasanya agak panas gitu…. kira2 kenapa ya dok ?????

    Comment by marzela | July 6, 2011

  17. masalah nya pekerja berat sering mengeluar kan keringat di badan..
    tapi disaat tidak bekerja di telapak tanggan mengeluarkan keringat..!!!!1

    Comment by mehy | July 9, 2011

  18. Trima ksh ats k0nsultasia’y !

    Comment by Eddie | September 6, 2011

  19. Terima kasih pak dok, atas informasinya.

    Moga informasinya sangat bermanfaat bagi semua.

    Amin…

    Comment by sati | September 6, 2011

  20. mkasih dok bwat ingfonya ,,,
    sya pkir sya kna pnyakit jantung taw paru paru …
    eh trnyata tidakkkk……….

    sempat kaget …

    Comment by lilizh | September 12, 2011

  21. thank you untuk informasinya

    Comment by rizky | September 23, 2011

  22. saya remaja berumur 19 tahun, dan sudah lama mengalami keringat di telapak tangan, kaki dan juga ketiak.
    saya tidak tahu apa yang harus saya lakukan, saya sangat memohon bantuan dari saudara, apa yang harus saya lakukan. karena penyakit ini sungguh sangat membuat saya tidak pede dan kadang minder dengan teman-teman.
    tolong balas ke email saya genky7176@gmail.com
    sebelumnya saya ucapkan terimakasih.

    Comment by shawhite | October 10, 2011

  23. thankz iia info’y ,,
    q jadiim mngertii<< ^_^

    Comment by Nurohmand | October 13, 2011

  24. dok,umur sya 28,dr dulu sya sllu keluar kringat yng berlebihan,diseluruh tubuh dok, apalagi kalau habis makan yang panas,trus dada sya sbelah kiri kadang trasa nyeri dok, kira2 apakah saya skit jantung atw paru2 ya dok? mohon jwabanya, sya ucapkan terimaskh..

    Comment by slamet | October 30, 2011

  25. wah telapak tangan sama kaki aku emang selalu basah -__-

    Comment by almira | November 2, 2011

  26. mm, maaf saya mau tanya, kalau gejala yang saya alami, keringatnya mengalir terus walaupun sedang tidur atau tidak melakukan apa2, sesak atau sulit bernafas, juga jantung sering berdebar2.. oh ya juga kadang2 saya suka batuk2 dengan tiba2. kenapa ya ?

    Comment by gitta | November 10, 2011

  27. aduh dokter nya mana nih?? Dok saya juga punya kelainan yang sama kaya temen”,telapak tangan dan kaki saya sering berkeringat,sering kali terjadi di waktu santai..mhon bantuan tmen” kalo ad yg tahu obat nya pliss info ke aku ya aly.masjkur17@gmail.com hal ini sangat mengganggu di saat saya beraktivitas,apa lagi di waktu berjabat tangan huhh sangat mengganggu banget..

    Comment by masjkur | December 1, 2011

Leave a comment

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image