Sering Berkeringat Berlebihan (Hiperhidrosis) di Telapak Tangan & Kaki = Tanda Penyakit Jantung atau Paru?

Seorang rekan (Joko) menanyakan “saya sering keringatan di telapak tangan dan kaki pak,apa karena saya sering kerja di ruang ber ac, konon kata orang2 ada kelainan di jantung ato paru paru ya pak?”

Sebelumnya, sekedar info, penyakit jantung sebenarnya ada banyak. Mulai dari penyakit jantung kongenital (dibawa sejak lahir), gangguan ritme, gangguan vaskularisasi (aliran pembuluh darah) termasuk disini penyakit jantung koroner, gangguan katup jantung, gangguan otot jantung, dan gangguan perikardium (selaput yang melingkupi jantung). Masing-masing golongan masih terbagi menjadi beberapa diagnosis klinis. Penyakit paru juga begitu, ada penyakit jantung kongenital, penyakit paru karena gangguan sistemik, karena proses sumbatan di jalan nafas, infeksi, tumor, gangguan pleura paru (selaput yang melingkupi paru) dan gangguan diafragma. Saking banyaknya penyakit di jantung dan paru, maka di dunia kedokteran ada spesialis yang khusus mengurusi dua organ ini. Dahulu menjadi satu spesialis yaitu spesialis jantung paru, sekarang sudah dipisah menjadi spesialis jantung (untuk jantung) dan spesialis paru (untuk paru).

Sering berkeringat yang berlebihan di telapak tangan dan kaki merupakan salah satu manifestasi hiperhidrosis (pengeluaran keringat yang berlebihan).  Hiperhidrosis yang hanya terjadi secara lokal di telapak tangan dan kaki (juga ketiak), biasanya disebabkan stimulasi emosi dan atau suhu (Stimulasi emosi kadang lebih kuat dibandingkan stimulasi suhu). Hiperhidrosis ini biasanya mulai timbul ketika masa kanak-kanak atau masa dewasa muda. Biasanya hal ini sering muncul ketika kita sedang mengalami stress (karena tekanan pekerjaan atau menjelang ujian). Selain karena pengaruh emosi dan suhu, hiperhidrosis jenis ini dapat ditemukan pada mereka yang mencandu alkohol.

Hiperhidrosis (berkeringat yang berlebihan) yang terjadi secara general (di seluruh tubuh) dapat merupakan manifestasi klinis yang dapat ditemukan pada beberapa penyakit jantung tertentu, namun hiperhidrosis lokal (hanya di tangan dan atau kaki) bukan manifestasi klinis spesifik penyakit jantung dan atau paru. Hiperhidrosis yang terjadi secara general pun bukan petanda adanya penyakit jantung dan atau paru, karena sering hanya berupa manifestasi klinis yang menyertai, bukan manifestasi klinis utama. Keluhan yang sering ditemukan pada pasien dengan penyakit jantung dan atau paru adalah sesak (kesulitan bernafas) dan nyeri dada. Jadi untuk Pak Joko, jika hanya keringat yang berlebihan di kedua tangan dan atau di kedua kaki tanpa disertai keluhan sesak, jantung berdebar-debar, nyeri dada, batuk, atau keluhan yang lainnya, InsyaAllah bukan karena tanda penyakit jantung dan atau paru.

27 Responses to “Sering Berkeringat Berlebihan (Hiperhidrosis) di Telapak Tangan & Kaki = Tanda Penyakit Jantung atau Paru?

  • waw..pertamax mahhal dok

  • terus terang dq juga pernah denger “mitos” ini dan mmg dq sempat khawatir, krn tlapak tangan n kakiku tkadang berkeringat..makasih infonya dok!

  • makasih atas informasinya dok, sangat bermanfaat… 🙂

  • Iya tuh, dulu ada temen saya yang panik karena sering keringetan gitu. Trus dia nyoba lari sekitar seratus meter. Katanya se kalo kuat berarti bukan masalah jantung gitu. . . *sok tahu mode ON*

    afie: temennya nggak sok tahu kok…

  • ow gitu. makasih infonya

  • oh gitu. makasih infonya

  • rudianto
    7 years ago

    saya hampir tiap hari mengalami kaya gitu dok,,buat pencegahanya gimana y dokter,,karena menganggu banget saat saya aktifitas..
    makasih dok atas saranya..

  • dok klo obatnya apa y ?truz makanan yang baik buat mengurangi hal tersebut apa ? saya mersa terganggu bngt dengan hal tersebut…makasi dok sebelumnya

  • asmara dya
    7 years ago

    info nya manfaat sekali.. terimakasih..

  • Dok… saya sering banget mengalami rasa nyeri di sekitar dada, juga jantung yang berdebar-debar secara tiba-tiba. Apakah ada tanda-tanda penyakit jantung? sebagai catatan dulu waktu SD pernah ada flek di paru-paru, berobat jalan selama setahun..
    Mohon jawabannya. Terima Kasih.

  • hendrik
    7 years ago

    obat untuk hiperhidrolisis lokal apa dok????

  • dok, kalo saya sering sekali berkeringat, padahal cuma jalan kira-kira 200 meter dok. tapi bedanya telapak tangan saya tidak berkeringat sama sekali dok. saya bingung sama keringat saya yang berlebihan dok.
    mohon jawabannya dok, terima kasih

  • sya juga ngrasain itu dok, sya sering berkeringat brlebihan di tlapak tngan dan kaki sya, sya kwtir klo terjadi apa2,kdang jantung sya berdbar keras 1x, dan sya kget gtu.. tp kta dokter sya gg pa2 cma kbanyakan pkiran aja gtu..

  • wah makasih infonya jadi lega jadinya!

  • apa obatnya dok soalnya mengganggu banget…??

  • Gimana ya dok… Saya berkeringat bukan cuma di telapak tangan ajah,, tapi ditelapak kaki juga…
    Walaupun sy ga pake sepatu,, kaki saya kadang-kadang mengeluarkan bau tidak sedap karena basah…
    terus,, kalau pas tangan sy lagi ga’ basah,,, tangan dan kaki saya malah keriiiiing banget…. sampe2 rasanya agak panas gitu…. kira2 kenapa ya dok ?????

  • masalah nya pekerja berat sering mengeluar kan keringat di badan..
    tapi disaat tidak bekerja di telapak tanggan mengeluarkan keringat..!!!!1

  • Trima ksh ats k0nsultasia’y !

  • Terima kasih pak dok, atas informasinya.

    Moga informasinya sangat bermanfaat bagi semua.

    Amin…

  • mkasih dok bwat ingfonya ,,,
    sya pkir sya kna pnyakit jantung taw paru paru …
    eh trnyata tidakkkk……….

    sempat kaget …

  • thank you untuk informasinya

  • shawhite
    5 years ago

    saya remaja berumur 19 tahun, dan sudah lama mengalami keringat di telapak tangan, kaki dan juga ketiak.
    saya tidak tahu apa yang harus saya lakukan, saya sangat memohon bantuan dari saudara, apa yang harus saya lakukan. karena penyakit ini sungguh sangat membuat saya tidak pede dan kadang minder dengan teman-teman.
    tolong balas ke email saya genky7176@gmail.com
    sebelumnya saya ucapkan terimakasih.

  • Nurohmand
    5 years ago

    thankz iia info’y ,,
    q jadiim mngertii<< ^_^

  • dok,umur sya 28,dr dulu sya sllu keluar kringat yng berlebihan,diseluruh tubuh dok, apalagi kalau habis makan yang panas,trus dada sya sbelah kiri kadang trasa nyeri dok, kira2 apakah saya skit jantung atw paru2 ya dok? mohon jwabanya, sya ucapkan terimaskh..

  • wah telapak tangan sama kaki aku emang selalu basah -__-

  • mm, maaf saya mau tanya, kalau gejala yang saya alami, keringatnya mengalir terus walaupun sedang tidur atau tidak melakukan apa2, sesak atau sulit bernafas, juga jantung sering berdebar2.. oh ya juga kadang2 saya suka batuk2 dengan tiba2. kenapa ya ?

  • masjkur
    5 years ago

    aduh dokter nya mana nih?? Dok saya juga punya kelainan yang sama kaya temen”,telapak tangan dan kaki saya sering berkeringat,sering kali terjadi di waktu santai..mhon bantuan tmen” kalo ad yg tahu obat nya pliss info ke aku ya aly.masjkur17@gmail.com hal ini sangat mengganggu di saat saya beraktivitas,apa lagi di waktu berjabat tangan huhh sangat mengganggu banget..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Skip to toolbar