Sekilas Tentang Virus Hepatitis C

Virus hepatitis C termasuk dalam genus Hepacivirus dalam famili Flaviviridae. Virus ini memiliki genom RNA untai positif. Sifat unik virus ini adalah memiliki variasi genetik yang sangat banyak antara satu strain dengan strain yang lainnya (virus lain yang memiliki sifat unik ini adalah Torque Teno Virus). Diduga variasi genetik ini berkaitan dengan strategi virus ini dalam menghindari respon kekebalan tubuh. Untuk mempermudah studi genetik, sekuens strain H77 (accesion number AF009606) telah ditetapkan sebagai prototipe awal virus hepatitis C. Oleh karena itu, untuk studi mutagenesis dalam rangka mengetahui protein virus hepatitis C misalnya, selalu menggunakan H77 sebagai pembanding.

Virus hepatitis C mempunyai amplop lemak, berbentuk sferis, dengan bangunan seperti paku yang menonjol keluar. Virus ini dalam pemeriksaan densitas gradien memberikan hasil yang bervariasi karena ikatannya dengan lipoprotein dan mungkin imunoglobulin. Virus hepatitis C biasanya menginfeksi dan bereplikasi di sel hati, namun beberapa data menunjukkan kemungkinan virus ini menginfeksi dan bereplikasi di luar sel hati. Infeksi virus ini pada manusia akan menyebabkan penyakit hepatitis (radang hati) dengan komplikasi yang paling ditakutkan adalah terjadinya kanker hati.

Daftar Pustaka:

Hino S and Miyata H. 2007. Torque Teno Virus (TTV): Current status. Rev Med Virol. 17(1): 45-57.

Lemon SM, Walker C, Alter MJ, Yi M. 2007. Hepatitis C Virus. In: Knipe DM, Howley PM (Eds). Fields Virology 5th Ed. Lippincott Williams & Wilkins.

5 Responses to “Sekilas Tentang Virus Hepatitis C

  • MAs…
    Pak..
    Bang..

    Hepatitis itu biasanya mudah ditemui dimana ya..??
    kok katanya kalau beli makanan di jalan (warung_red)
    beresiko kena hepatitis

    afie: tergantung hepatitisnya, Mas, tapi secara umum memang jajan di warung maupun “warung” beresiko terkena hepatitis, apalagi jika warungnya tdk dijaga kebersihannya…
    tunggu buku (ttg hepatitis) saya nanti ya, hehehe

  • Wah artikel yang bermanfaat nih Fie, maturnuwun 🙂

    afie: sering datang ya..

  • wah.. keren nii info nya..
    ap lg bwt anak sekolahan ky gni.. hehe

    afie: makasih Mas Wildan Arief

  • kangker hati sama “penyakit hati” parah mana dok..

    afie: tergantung Mas, lain kali mungkin saya akan menulis tentang kedua hal tersebut

  • salam kenal,mas…

    sebenarnya banyak sekali yang ingin saya tanyakan..

    tapi,,jadi bingung juga. mo tanya dari mana 😀

    beberapa bulan lalu, saya membaca artikel tentang seorang penderita HEPATITIS C, di mana SGOT & SGPTnya mencapai angka 500-an. kemudian, secara sekilas penulis mengatakan bahwa jumlah normal SGOT & SGPT adalah 30. Benarkah demikian???

    Lalu, seorang penderita HEPATITIS C dikatakan akut/kronis bila jumlah SGOT & SGPTnya mencapai angka berapa??karena selama ini pengetahuan tentang HEPATITIS C masih sangat terbatas. terimakasih sebelumnya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Skip to toolbar