Afie’s

doctor-lecturer-virologist-microbiologist-molecular biology

Sakit Kepala

Pernah sakit kepala? Sekitar sembilan puluh persen dari kita pernah sakit kepala. Ada yang hilang begitu saja, ada yang susah hilangnya. Ada yang jarang terkena namun ada yang sering kumat sakit kepalanya. Masalahnya, begitu dibawa ke dokter “paling hanya dikasih obat penghilang rasa sakit”, begitu komentar seorang rekan.

Keluhan sakit kepala termasuk keluhan yang “gampang-gampang susah”. Mekanisme terjadinya sakit kepala bisa sangat kompleks. Penyebabnya juga dapat bermacam-macam. IHS (International Headache Society), wadah para dokter ahli sakit kepala, membagi sakit kepala menjadi 13 kelompok (atau sudah ada klasifikasi yang baru? Maaf, saya bukan anggota IHS. Jika ada pembaca yang mengetahui update klasifikasi ini mohon infonya). Kelompok yang pertama adalah migrain (nyeri kepala satu sisi), yang masih dibagi lagi menjadi migrain dengan aura, tanpa aura, opthalmoplegik, retinal, sindrom periodik kanak-kanak yang menjadi prekursor atau berhubungan dengan migrain, dan migrain yang tidak memenuhi kriteria yang disebut sebelumnya. Kelompok kedua adalah tension headache (dua sisi, biasanya karena kontraksi otot kepala/leher) yang dibagi menjadi kronik atau episodik. Kelompok ketiga sakit kepala kluster (biasanya di sekitar mata dan pelipis) dan kronik paroksimal hemikrania. Kelompok keempat adalah kelompok “gado-gado” yang tidak berhubungan dengan lesi struktural, yang dibagi menjadi sakit kepala karena terpukul/karena dilukai, karena kompresi eksternal, karena stimulasi dingin, sakit kepala ringan karena batuk, sakit kepala ringan karena aktivitas yang berlebihan, dan yang berhubungan dengan aktivitas seksual. Kelompok kelima adalah sakit kepala yang berhubungan dengan trauma kepala, dibagi menjadi akut dan kronis. Kelompok keenam adalah sakit kepala yang berhubungan dengan gangguan vaskular/pembuluh darah, mungkin karena stroke, pendarahan kepala, malformasi pembuluh darah yang tidak disertai ruptur, arteritis, nyeri arteri vertebra atau karotis, trombosis vena, hipertensi arteri, atau gangguan vaskular lainnya. Kelompok ketujuh adalah sakit kepala yang berhubungan dengan gangguan intrakranial non vaskular, dapat karena peningkatan atau penurunan tekanan intrakranial, karena infeksi intrakranial, karena proses peradangan yang non infeksi, karena tumor intrakranial, karena injeksi intrathekal, atau sebab lainnya. Kelompok yang kedelapan adalah yang berkaitan dengan penggunaan substansi tertentu (misal candu) atau usaha untuk mengurangi penggunaan substansi tersebut. Kelompok yang kesembilan adalah sakit kepala karena infeksi yang terjadi di luar kepala, bisa karena bakteri, virus, maupun infeksi lainnya. Kelompok kesepuluh adalah sakit kepala yang berhubungan dengan gangguan metabolik (hipoksia, hiperkapnia, hipoksia-hiperkapnia, hipoglikemia, dialisis, dll). Kelompok kesebelas adalah sakit kepala atau wajah yang berhubungan dengan gangguan struktur kepala atau wajah. Kelompok keduabelas adalah neuralgia, sakit kepala yang berhubungan dengan syaraf tertentu. Dan kelompok ketigabelas adalah … sakit kepala yang tidak dapat dimasukkan ke dalam kategori-kategori sebelumnya.

Sebagian besar keluhan sakit kepala biasanya bukan karena penyakit yang berat, sehingga biasanya mudah dihilangkan sakitnya. Namun begitu, jika kita menderita sakit kepala yang teramat sangat yang belum pernah kita rasakan sebelumnya, sebaiknya segera periksa ke dokter atau rumah sakit. Begitu pula jika sakit kepala kita tidak hilang setelah beberapa hari dan makin meningkat intensitas sakitnya. Jika sakit kepala kita disertai demam atau gejala sistemik lain juga dapat merupakan tanda adanya penyebab sakit kepala yang “tidak biasa”. Sakit kepala yang disertai muntah, sakit kepala yang disertai gangguan syaraf, sakit kepala yang terjadi setelah kita mengangkat beban berat atau batuk, juga perlu perhatian khusus. Sakit kepala yang selalu timbul ketika kita bangun tidur, atau sampai membangunkan kita dari tidur, perlu dicurigai sebagai tanda adanya peningkatan tekanan intrakranial (biasanya karena tumor otak). Sakit kepala pada mereka yang diketahui mempunyai penyakit sistemis (misalnya DM, hipertensi), juga bagi mereka yang berusia di atas 55 tahun perlu pemeriksaan yang teliti.

Jadi apa penyebab sakit kepala anda? Semoga hanya karena gak punya duit saja…

January 19th, 2009 Posted by at 11:07pm | Kesehatan | 53 comments

53 Comments »

  1. saya sering sakit kepala pas tanggal tua ato pas mau pleno,,gmn ne dok?

    afie: sama, Mas…:p

    Comment by pakdejack | January 19, 2009

  2. ideem….. sakit kepala=pas…… gajian telat, diputus pacar, nggak naik kelas, mobil mogok, etc.. he he

    afie: hah, diputus pacar? bilang sendiri apa bilang sendiri…hehehe…:p

    Comment by isnanto | January 20, 2009

  3. sakit kepala bhs jawanya ‘keju polone’

    afie: hehe..bukan nd**e?

    Comment by Pencerah | January 20, 2009

  4. Lebih sering sakit hati daripada sakit kepala :P

    afie: lebih enak sakit hati drpd sakit kepala…:p

    Comment by Dony Alfan | January 20, 2009

  5. sakit kepala apalagi migrain..ngggak mau2 lagi, yg penting bisa atur stress di pikiran kita, aplagi pas tggal tua..hehehe

    afie: klo saya gajiannya tanggal 25, jadi sakit kepalanya pas tanggal muda..hehehe

    Comment by Mister Chevot | January 20, 2009

  6. Di puskesmas adanya cuma OAINS ama ergotamin.Kalo dua2nya dah gak mempan paling kita kasih diazepam. :D

    afie: oh, nunggu nggak mempan dulu tha? perasaan banyak yang… :)

    Comment by Andri | January 20, 2009

  7. saya termasuk salah satu dari yang diatas dok, kadang saya merasakan sakit kepala sebelah (migrain) yach walopun ga sering2 amat, tapi biasanya ga diminumin obat, dipake tidur sembuh, alhamdulillah…

    ternyata banyak juga ya jenis sakit kepala, tak pikir cuma ada 4 aja seperti di iklan bodrex… thanks atas ilmunya dok.. :)

    afie: banyak Mas Iqbal. Saya sering sakit kepala kalo disuruh mencari penyebab sakit kepala pasien saya…

    Comment by masiqbal | January 20, 2009

  8. bener pak, kalo gak punya duit baru sakit kepalanya muncul :-)

    afie: klo gitu harus punya duit terus dong…:)

    Comment by eko | January 20, 2009

  9. pas sakit kepala,leher belakang bagian atas ikutan tegang. biasanya klo saya cukup makan ama tidur dah sembuh tuh,….

    biasa…. telat makan, hehe.

    afie: ati2 kena maag…

    Comment by mashardi | January 20, 2009

  10. Bis abahaya gak dok? misalkan kalo sering sakit kepala, bisa syaraftnya gak yang kena, trus stroke

    afie: sakit kepala tergantung penyebabnya, klo yang sederhana ya tidak akan berbahaya

    Comment by thevemo™ | January 20, 2009

  11. link udah terpasang, so gak usah sakit kepala. tuker ya?

    afie: tuker dong…makasih ya

    Comment by rela | January 20, 2009

  12. fie kalo keseringan migraen disebabkan apa sih?kata doctr gw mata gw minus,ok suruh pakai kaca mata,masih aja sering juga…gmn ya?

    afie: tentang migrain akan saya bahas lengkap di blog baru saya…hehehe…

    Comment by graha | January 20, 2009

  13. ternyata sakit kepala banyak macamnya ya. Berarti obatnya juga macem-macem dong mustinya.

    afie: betul Mas, tergantung penyebabnya.

    Comment by mascayo | January 20, 2009

  14. Kalau sudah tanggung bulan gini, saya juga sering sakit kepala.

    afie: sama Mas…hehe

    Comment by Erwin Sapta | January 20, 2009

  15. saya kira2 masuk kategori yang angka ke berapa ya pak dokter…hehehe

    afie: aduh..saya jadi sakit kepala…hehehe

    Comment by gus | January 20, 2009

  16. kesimpulanya .. sakit kepala bisa datang kapan saja.. huehueh..

    Website : http://www.gie.web.id

    afie: betul…klo saya skrg juga sakit kepala gak punya duit…

    Comment by fikri | January 20, 2009

  17. Sakit kepala kalo pas lg banyak masalah + tanggal tua…
    ahahaha…
    Soal permintaan link exchange…aku udah add link-mu bos…

    afie: makasih ya…banyak temen banyak rejeki..

    Comment by Brandal Surga | January 20, 2009

  18. Sekedar sharing, dok. Kalo saya sakit kepala, obatnya tidur saja. Nanti juga hilang sendiri. Btw, baru tahu kalo sakit kepala ada 13 macam. Tambah sakit kepala nih :)

    afie: apalagi dokternya…:p

    Comment by masbanu | January 21, 2009

  19. Kelompok 13 kayaknya yang sering datang setiap tanggal tua nih Dok… :lol:

    afie: hohoho…iya

    Comment by Jay | January 21, 2009

  20. Kemaren baru aja sakit kepala…..
    kalo jalan tambah nyut2an…
    tp setelah di tidurin udah mendingan….

    afie: lho, knp? tapi jangan minta saya yang nyari sebabnya ya, bisa sakit kepala saya…hehehe..

    Comment by BlaGaBloGer | January 22, 2009

  21. saya selalu sakit kepala kalau jatuh tempo tagihan dan nggak punya uang.
    makasih ya Dok, sampeyan teliti banget kalau tahun berdirinya blogku yang ecek-ecek 2009 bukan 2008.

    afie: ternyata kita sama Mas Endar…hehehe

    Comment by endar | January 23, 2009

  22. Sakit kepala gara-gara ngutak-utik kode html ga jadi2 obatnya apa ya Dok he2

    afie: klo dr Brian PhD cand aku yakin gak akan sakit kepala untuk hanya mengotak-atik html… itu mah terlalu mudah buat genius sepertimu, ya tha.. Ntar aku diajari ya

    Comment by Brian | January 23, 2009

  23. Wah aku tuh sakit kepala kalo mikirnya terlalu ngebut mas, apa msal lagi ada masalah yang menyita perhatian, pasti skit kpala bagian belakang mpe leher.

    afie: hohoho….santai Mas Mursid…yang semeleh atinya…cie…sok dewasa…:p

    Comment by Mursid | January 23, 2009

  24. sama ma bang jay…
    kalo sakit kepala, mendingan tidur dulu ja…

    btw… gw kok ada di link yak :(

    afie: lho, mau tukeran link tah? dulu tak kira gak mau…

    Comment by agusdepe | January 23, 2009

  25. Dulu pernah pas bangun dari duduk, kepala langsung puyeng dan mata berkunang-kunang. Bahkan sempet saya sampai terjatuh. Tapi sekarang sudah ga pernah lagi. katanya seh darah rendah, akibat kurang istirahat dan pola konsumsi makanan yang salah.

    afie: salah satu penyebab sakit kepala..

    Comment by brokethesoul | January 23, 2009

  26. waduh sakit kepala sering pas berurusana dengan yg namanya isi kantong, heheheh

    afie: hohoho…betull…

    Comment by Lowongan Kerja Terbaru | January 23, 2009

  27. weleh sempet mumet aku mas moco postingmu, lha akeh men macem sakit kepalane :D . btw, tespen nggo kepala udah ada belum mas? jadi nek didekatne kepala, ntar muncul “Anda terdeteksi sedang mengalami sakit kepala jenis ke-XX” He he he, ngaco ya… Etapi ada gak ya???

    afie: sayangnya ndak ada…makanya saya juga jadi ikutan sakit kepala…

    Comment by Ka!Tok | January 25, 2009

  28. Iya nih, biasanya kalau berobat ke dokter, maka dikasih obat pereda sakit kepala.

    Ternyata sakit kepala bisa disebabkan berbagai gangguan organ tubuh ya, mulai dari lambung, hati, ataupun usus

    afie: termasuk karena tanggalan…(tanggal tua..hehe)

    Comment by Erik | January 25, 2009

  29. palagi klo lelet..kambuh deh sakit kepalaku dok

    afie: lelet itu apa Mas?

    Comment by Nyante Aza Lae | January 26, 2009

  30. saya sering sakit kepala juga nich mas…setelah saya cek and recek ternyata sakit kepala juga ada hubungannya dengan isi dompet…ngak percaya? soalnya saya dah ngalami…kalo isi dompet dah nipis…kepala saya langsung sakit mas…wakakakakak

    afie: wah..kok sama dg saya…:p

    Comment by kodil | January 27, 2009

  31. yg paling bs dtebak sakit kepala pasti dtg kl lg “kanker” alias kantong kering lah yawwwww… yach ngk Dik Afie..???

    afie: betul mbak…:)

    Comment by ennoadi | January 27, 2009

  32. wah.. Klo saya sakit kepala karena kurang DaraH..

    Tapi kalo sakit gara-gara kantong boloNg gak pernah tuh.. SoalNya kantong Saya gak bolong cuma kosong ^_^

    afie: hehehe..

    Comment by ebenk789 | January 29, 2009

  33. afie apa kabar? ikutan nanya nih. om setiarso sering sakit kepala karena vertigo. apa obatnya yach…??

    afie: harus dipastikan dulu penyebab vertigonya tante…

    Comment by wanty setiarso | January 29, 2009

  34. fie kapan pulang?…he..he….blog baru dah keluar blm?

    afie: akhir maret InsyaAllah. Blog baru InsyaAllah sekitar April, tentang kesehatan.

    Comment by graha | January 29, 2009

  35. I have a fever and chills.. eh.. ugak dink!!

    Dulu prtama kali sakit kpala parah waktu SMP kls 2. Sampe muntah di skulah gara” sakit kpala.. Macem migrain gitu. Abis itu sering banget muntah gara” migrain..

    Trus, waktu SMA **lupa kelasnya** juga pernah pingsan waktu sholat Subuh. Dan kepala rasane pusing muter” gitu. Dan setelah dibawa ke Dokter, bliau melarang ran untuk makan Coklat dan Keju serta minum susu. Pdhal tu smua favorit ran.. T_____T

    afie: lha kenapa dilarang?

    Comment by ran | January 30, 2009

  36. ternyata sakit kepala saja banyak jenisnya ya, lebih baik mencegah daripada mengobati, hidup sehat usahakan stress sesedikit mungkin! kata dokter banyak minum air putih!

    Comment by sariRapet | February 6, 2009

  37. Sakit kepala obat yang paling manjur segera tidur, jangan memikirkan apa-apa, rilek dan buang emosi negative dalam diri.

    Comment by putri solo | February 23, 2009

  38. siang..
    klo aq memang sering sakit kepala
    bahkan sktx muncul tiba2 aja,kadang di ikuti rasa muntah kadang jg tidak,paling sering sakit i2 kepala bagian belakang ntengah atas.
    saking terlalu seringnya aq anggap dah biasa…mau ke dokter periksa takut klo di vonis yg aneh2.

    Comment by sulfi | April 23, 2009

  39. klo aq skt kepala u/ meringankanya klo bukan tidur ya main game yg ringan.

    Comment by sulfi | April 23, 2009

  40. bagaimana menyembuhkan sakit kepala kelompok 3

    Comment by kris | June 6, 2009

  41. BEBAS dari Sakit Kepala. MAU ??
    Terbukti BISA ! terutama untuk Tension Headache dan Migren karena ketegangan berlebihan, kelelahan dan kurang tidur.
    Semudah memakai Gelang. 100% Aman.
    ORGONE 5 ELEMENT – Life Energy Bracelet
    (Daung 0812 888 6628, 021 9600 2588)

    Comment by daung | July 6, 2009

  42. dua hari ke belakang sakit kepla sebelah yang menyebabkan muka saya berhenti sebelah (kanan) mata tak bisa berkedip bibir kalo gede sebelah (menyon), saya baru ke dokter kata dokter syarafnya terserang virus, yang saya tanyakan virus apa itu dan bagaimnana pegobatannya…???

    Comment by Yuyu Wahyudin | August 12, 2009

  43. beberapa hari yang lalu sampai sekarang saya sakit kepala sebelah kanan atas kadang-kadang terasa di tengkuk. saya sudah periksa kemudian di kasih obat.tapi masih aja sakit. usia SAYA 44 TH..ADA RENCANA SAYA MAU PERIKSA GIGI SIAPATAHU GIGI GERAHAM mau tumbuh,karena gigi saya masih bagus dan kuat kemungkinan gigi yang tumbuh tidak ada tempat/kedesak? benar nggak dok?tolong dok di jawab ya

    Comment by sus | August 12, 2009

  44. mas apa obat sakit kepala karena mata

    Comment by arya | October 13, 2009

  45. aq mw tanya knp cie setiap aq bangun tidu pasti sakit kepala,,,
    itu ada hubungannya dengan makanan,cara tidur atau kurang darah cie sebenarnya?
    trus apa yang harus saya lakuakan apakah minum obat atau akan hilang dengan sendirinya,,,
    soalnya bila bangun tidur sudah sakit kepala pasti terbawa sampai siang hari jadi bad mood deh.
    terima kasih

    Comment by putri | January 23, 2010

  46. saya mau tanya..
    saya sakit kepala lebih kurang 1 tahun.
    saya sendiri gak tau pa penyebabnya..
    kira2 pa ya obat nya bwt saya..??
    sakit ni saya rasaka setiap hari, pa lagi law saya lagi ujian,, pokok nya kpla saya susah buat mikir…
    tolong bantu saya..

    Comment by rahmadi | February 6, 2010

  47. selmt s0re d0k, sy rizti 19thn, sy heran 2 hr kpala sy stiap bgun tdur, skt skali, pusing n berat,, tdk ada efek mual c, ada demam, n panas tp tdk menyebr ke tubuh,melainkn kpala n leher sja yg panas,. Sy bru 1 x minum sanm0l,,
    Mnurt d0ktr, apa pnyebb skt kpala trsbt shgga mata sy jg ikut skt stiap b0la mata digerakan?! Ditunggu inf0rmasinx, t0l0ng krm jwbnnx lewat email sy ya d0k.

    Beach_mermaidia@yahoo.com

    Thx bef0re..

    Comment by riztiany rinz | April 3, 2010

  48. Saya sering sakit diatas alis,dah berobat kemana2 tp tdk tahu penyakit apa?kira2 saya kenapa ya?

    Comment by Anak | April 13, 2010

  49. dok,saya kalo sakit kepala sering dibagian belakang. kalo abis duduk, pas berdiri kepala bagian belakang berdenyut-deyut gitu dok, sakit banget…. ini sudah saya alami sejak saya masih SD sampai sma. sekarang sudah mau selesai kuliah sakitnya kambuh lagi, tetap dikepala sebelah kanan bagian belakang.tapi sekarang leher saya jg ikutan sakit dok.. saya takut itu galaja tumor otak….;-(….tapi saya ga pernah mual2 atau pingsan…. kenapa ya dok?

    Comment by mishra | April 25, 2010

  50. sering sakit kepala di belakang kuping karena apa ya?rasanya sakit sekali

    Comment by Aisa Catering | May 2, 2010

  51. duhh ..
    bagaimana ini ..
    kalau sering sakit kepala dan susah banget hilangnya bagaimana doonk

    Comment by Ashia | July 26, 2010

  52. klo skt kpala yg ampe nyeri mata tuh gmn?

    Comment by razedsgn | March 25, 2011

  53. dok, sy sering sakit kepala di bagian pelipis sebelah kiri setiap bangun tidur, terkadang disertai pusing dna rasa kesemutan… kira2 apa penyebabnya dok?

    Comment by cece | September 13, 2011

Leave a comment

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image