Sekilas Tentang Penyebab Polio (Virus Polio)

Penyakit polio atau poliomielitis paralitik sudah dikenal sejak akhir abad 18, bahkan mungkin sejak jaman Mesir kuno. Penyakit ini disebabkan oleh virus polio, anggota genus Enterovirus, famili Picornaviridae. Sampai sekarang telah diisolasi 3 strain virus polio yaitu tipe 1 (Brunhilde), tipe 2 (Lansing), dan tipe 3 (Leon). Infeksi dapat terjadi oleh satu atau lebih tipe tersebut. Epidemi yang luas biasanya disebabkan oleh tipe 1. Virus ini relatif tahan terhadap hampir semua desinfektan (etanol, isopropanol, lisol, amonium kuartener, dll). Virus ini tidak memiliki amplop lemak sehingga tahan terhadap pelarut lemak termasuk eter dan kloroform. Virus ini dapat diinaktifasi oleh formaldehid, glutaraldehid, asam kuat, sodium hipoklorit, dan klorin. Virus polio menjadi inaktif dengan pemanasan di atas 42 derajat Celcius. Selain itu, pengeringan dan ultraviolet juga dapat menghilangkan aktivitas virus polio.

Penularan virus polio terutama melalui jalur fekal-oral dan membutuhkan kontak yang erat. Prevalensi infeksi tertinggi terjadi pada mereka yang tinggal serumah dengan penderita. Biasanya bila salah satu anggota keluarga terinfeksi, maka yang lain juga terinfeksi. Kontaminasi tinja pada jari tangan, alat tulis, mainan anak, makanan dan minuman, merupakan sumber utama infeksi. Cara penularan virus polio secara lebih mendetail akan disampaikan di tulisan berikutnya…

Baca juga:

Perjalanan penyakit polio

Invasi virus polio pada sistem syaraf pusat

Sindroma paska polio

Cara penyebaran virus polio

Respon imun terhadap infeksi virus polio

22 Responses to “Sekilas Tentang Penyebab Polio (Virus Polio)

  • Virus polio itu kalo gak salah menyerang cornu anterior medula spinalis aja kan dok?Lupa2 inget aku. :p Kalo bener,berarti yg dipengaruhi motoriknya aja..sensoriknya masih berfungsi.Mohon pencerahannya. 🙂

    afie: wee…ini jatahnya masih nanti di artikel selanjutnya…

  • thank’s infonya ya mba. serem juga ya…

    afie: karena itu jangan lupa vaksinasi polio. Btw, saya malah blm nulis ttg seremnya penyakit polio loh…hehehe

  • dulu waktu saya masih kecil anak yang kakinya besarnya tidak sempurna disebut kene polio

    afie: bisa jadi…

  • huhuhu,,,, malah bersambung…
    ditunggu sambungannya dok…
    oia,, kalo udah dewasa bisa kena gak dok???

    afie: hehehe…ditunggu sambungannya. Katanya klo nulis buat blog jangan panjang2…ya daku nurut ajah…:p

  • mereka yang kena polio bs sembuh pak? misalnya, bisakah kaki yg telah kecil itu kemudian tumbuh normal?

    afie: tunggu artikel berikutnya 🙂

  • tapi polio kan udah ada imunisasi nya.
    mesir sini jg gencar banget imunisasi polio utk anak2.

    afie: betul sekali dan jangan sampe kelewatan!

  • Pencegahannya gimana ya?

    afie: sabar…

  • kemarin saya beli kertas polio satu rim

    afie: hehehe…bisa ajah…

  • deskripsi penderita penyakit polio seperti apa ya?

    afie: sabar…

  • lanjutin dunk??

    penularan polio ntu kyk gmana sih? dan gmana cara menanganinya?

    btw thx infonya

    afie: sabar…

  • Saya juga ingin menanyakan, apakah orang dewasa juga bisa terkena penyakit polio ini, mas Afie?

    Lalu, apa hubungan polio dan kwarto atau A4… wkwkwkwk…kek… 😀

    afie: teorinya bisa, masalahnya, hampir semua orang dewasa sudah pernah terinfeksi virus polio waktu kecil atau sudah divaksinasi, dan kekebalan terhadap polio itu lama bertahan…

  • ternyata sudah lama dikenal ya virus polio ini.

    afie: betul mas..

  • Salam hormat dan salut kepada mpunya blog. Yang telah membagi-bagi ilmu pengetahuan kepada kita semua.
    Terima kasih atas posting polio ini…

    Cheers, frizzy2008.

    afie: BW Mas…BW…biasa wae…:)

  • makanya putra putriku kudu di imunisasi polio dokk..ngeri sihh

    afie: betul sekali..

  • mba dibahas lebih mendetail lg donk penyakit polio nya. penting nih … buat persiapan punya anak besok

    afie: pengen dibahas sedetail apa nih? sampai ke cara virus polio memperbanyak diri di dalam sel?

  • Ada yg panggil dokter afie dengan mba 😀

    afie: sssttt…. Btw, ini bukan yg pertama kok…:p

  • tindakan preventif-nya gimana pak?

    afie: ditunggu saja kelanjutannya…:)

  • bambang tri
    8 years ago

    saya punya putra umur hampir 3 th. aku lihat sih sudah imunisasi polio lengkap ( 3 atau 4 kali…lupa ).
    apa masih bisa kena polio…pencegahannya apa ya?
    tolong jawab via email

  • saya mau bikin memoar (autobiografi) tentang polio yang menimpaku. Bisa tunjukin data-data polio tahun 1970-an di Indonesia khususnya wilayah Solo gak, Dok? Makasih banget infonya.

  • pejuang
    8 years ago

    Egh EGh Egh penyakit ini sebenarny udah da blom sich obatnya

  • di masih belum jelas banget, karena belum di jelasin bagai mana ketika anak yang sudah dewasa, bisa kembali normal.

  • dok,kalo waktu kecil terkena polio sgga kaki jd kecil sebelah, apakah sekarang udah 30 thn masih bisa terjangit virus poloio lg??dan menular dan menurun kah???

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Skip to toolbar