Afie’s

doctor-lecturer-virologist-microbiologist-molecular biology

Sulitnya Mencari Oleh-oleh di Jepang

Berburu oleh-oleh di Jepang bukan perkara sepele. Kegiatan ini bisa sangat melelahkan dan cukup membuat stress. Masalah pertama adalah harga. Anda tahu berapa harga rata-rata gantungan kunci di Jepang? 350 yen!!! Itu artinya, 1 gantungan kunci rata-rata seharga 40 ribu rupiah. Sayangnya, respon mereka yang diberi gantungan kunci sebagai oleh-oleh hampir seragam, “walah, oleh-olehnya cuman gantungan kunci…pelit amat…”…

Bagaimana dengan makanan? Makanan adalah benda mahal di Jepang. Harga rata-rata makanan untuk oleh-oleh berkisar antara sekian ratus sampai sekian ribu yen!! Itupun biasanya respon dari mereka yang diberi oleh-oleh makanan juga hampir seragam “walah…oleh-olehnya kok cuman makanan, …nggak enak pula”…atau…”mbok oleh-oleh jangan makanan….barang apa gitu kek…” (padahal begitu dibelikan gantungan kunci komentarnya “oleh-oleh kok cuman gantungan kunci…”).

Bagaimana kalau oleh-olehnya kimono? Wakakaka…Anda tahu berapa harga kimono? Puluhan ribu bahkan sering ratusan ribu yen!!! Bagaimana kalau boneka ohinasama (boneka keluarga kaisar Jepang yang disusun di meja bertingkat seperti yang sering kita lihat di komik/kartun Jepang)? Hahahaha, itu juga puluhan ribu sampai ratusan ribu yen! Itu hand-made, dan semua barang buatan tangan di Jepang harganya selalu sangat mahal!

Kalau gitu mbok oleh-olehnya DVD/VCD penyanyi Jepang… Hm, Jepang itu negara yang sangat menjunjung hak cipta. Harga DVD/VCD paling murah 3500 yen. Ya sudah, kalau gitu oleh-olehnya benda yang khas Jepang dunk…

Nah, ini masalah yang kedua. Mencari benda yang khas Jepang atau yang ada tulisan “made in Japan” itu bukan pekerjaan yang mudah. Sangat mudah untuk menjumpai barang made in non Jepang, terutama made in China di toko-toko. Tapi kalau made in Japan? Hm… Selain itu, mencari benda yang khas Jepang juga susah. Kaos yang bertuliskan huruf Jepang, misalnya, itu hanya ada di toko-toko tertentu saja. Kenapa susah? Penyebab pertama mungkin karena perbedaan budaya. Di Jepang, jika ada yang bepergian ke luar kota, maka buah tangan yang dibawanya adalah makanan khas daerah tersebut. Sedangkan pernak-pernik khas di suatu daerah wisata, biasanya dibeli untuk kenang-kenangan pribadi, bukan untuk oleh-oleh. Lha mbok itu aja dibeli buat oleh-oleh. Nha, kembali ke masalah harga. Gantungan kunci misalnya, yang model seperti ini biasanya harganya 700-an yen ke atas, meskipun bentuknya mungkin tidak lebih bagus dari gantungan kunci lima ribu rupiah di Indonesia…

Lalu bagaimana cara mencari oleh-oleh di Jepang? Jawabannya adalah tergantung di kota mana kita tinggal. Kalau kita tinggal di kota kecil (seperti kota saya, misalnya), mau tidak mau kita harus survey semua toko. Jika ada Daiso di kota kita, itu merupakan tempat yang baik untuk berburu oleh-oleh. Tidak sulit menemukan barang-barang yang khas Jepang lengkap dengan tulisan made in Japan-nya dengan harga terjangkau di Daiso. Kaos bertuliskan tulisan Jepang atau ada gambar Jepangnya yang made in Japan relatif sulit ditemui. Kalau kita ingin membeli kaos seperti ini, jika seluruh toko di kota kita tidak ada yang menjualnya, satu-satunya cara ya ke kota besar (Tokyo, Osaka, dll). Kalau tidak sempat ke kota besar, jika budget kita cukup, bisa juga membelikan oleh-oleh yukata sebagai pengganti kaos ini untuk keluarga dekat kita (harga rata-rata yukata di atas 800 ribu rupiah). Lalu, bagaimana kalau kita ke Jepang hanya sebentar? Mana sempat survey toko? Kalau kita dalam kondisi seperti ini, beli saja di bandara. Tapi jangan kaget ya lihat harganya, hehehehe.

Bagaimana dengan oleh-oleh makanan? Karena tidak semua makanan Jepang bisa diterima kerabat kita di Indonesia, berhati-hatilah dengan oleh-oleh makanan. Kita nggak pengen kan, beli oleh-oleh makanan seharga ratusan ribu rupiah untuk kemudian di-”lepeh” dan dikomentari “nggak enak”.. So, cicipi dulu sebelum membeli. Coklat adalah pilihan yang aman. Harga coklat tidak begitu mahal, dan rasanya lebih enak dibandingkan coklat di Indonesia (dijamin!!*smile*). Kalau mencari yang khas Jepang mungkin roti dorayaki. Sepanjang pengalaman saya, dorayaki relatif bisa diterima. Sayangnya harganya tidak murah. Untuk teh Jepang, jangan coba-coba dijadikan oleh-oleh jika yang akan kita beri oleh-oleh tersebut bukan penikmat teh Jepang. Begitu pula dengan snack khas Jepang. Ada banyak snack khas Jepang yang rasanya terlalu asin atau terlalu tawar buat orang Indonesia. Saya pernah membelikan snack khas Jepang yang bungkusnya bagus (bungkus bagus = harga mahal) untuk oleh-oleh rekan kerja. Hasilnya cuman di-lepeh…karena terlalu asin…hehehe. Snack Jepang yang biasa dimakan ketika pesta (isinya biasanya kacang-kacangan) juga relatif bisa diterima. Yang paling penting, lebih baik kita ikuti saja cara orang Jepang membelikan oleh-oleh makanan. Orang Jepang biasanya hanya membeli 1-2 bungkus untuk semua orang, bukan 1 bungkus per orang. Alasannya? Ya harga itu! Oleh-oleh makanan itu mahal, hehehe. Ohya, 1 bungkus makanan biasanya berisi beberapa item makanan yang dibungkus sendiri-sendiri.

Lalu oleh-oleh apa yang akan saya bawa pulang nanti? Wah, gomen, ne, duitnya dah habis buat beli tiket dan ngirim barang ke Solo….hehehe…. Lagipula, koper saya sudah penuh dengan reagen & kit untuk penelitian…. :(

March 9th, 2009 Posted by at 11:57pm | Cerita dari Negeri Sakura, Curahan Hati | 26 comments

26 Comments »

  1. saya saran, beli aja busana bikinan merek BAPE. itu merek asli jepang dan sudah jadi ikon fashion terpopuler dari jepang

    Comment by nirmana | March 10, 2009

  2. wa….klo boleh saran….. banyak2 donlot materi mumpung di kota maju (bandwithnya)…

    Comment by basir | March 10, 2009

  3. wah enak ya ke jepang…pengen deh kesana..trus salaman sama eichiro oda, komikus fav saya…kapan ya …

    Comment by fajardesign | March 10, 2009

  4. beli aja di toko nandemo hyaku en hehehehehe….

    Comment by ade | March 10, 2009

  5. Ooo..Jd ceritanya aku maw dikasih oleh2 gantungan kunci to dok?Wah,makasih banyak lho dok. :D Ntar kita barter deh,tak tukerin ama gantungan kunci dari kalimantan. :p

    Comment by Andri Journal | March 10, 2009

  6. Biar agak hemat, beli aja di Jakarta… hehehe…

    Comment by Hejis | March 10, 2009

  7. Walah. . . apa2 kok mahal. Hla oleh2 yang gg pake duit ada ndak Pak? hehehe

    Comment by s H a | March 11, 2009

  8. saya suka mochi jepang dok, .. enak! :)

    Comment by mascayo | March 11, 2009

  9. mbok aku dikasih oleh-oleh robot-robotan jepang mas. hehehe…

    Comment by ressay | March 11, 2009

  10. Saya mentahnya aja, mas :P

    Comment by Dony Alfan | March 11, 2009

  11. wah sudah mau balik ke tanah air ya dok?

    Comment by ariana | March 11, 2009

  12. jgn lupa sblm lanjut terbang Solo kan mendarat d Cengkareng dl tuch, oleh2 buat klrga kakak yg d Jkt yach dik Afie…

    Comment by Ennoadi | March 11, 2009

  13. yutaka ya namanya? how lucky i was ^_^

    Comment by mamahnya nikeisha | March 11, 2009

  14. beli buah di manahan saja untuk oleh-oleh..

    Comment by endar | March 11, 2009

  15. saya belum pernah ke jepang, jadi nggak tahu sulit apa nggak nyari oleh2 disana.

    oya, blogku sekarang pindah ke kaumbiasa.com

    Comment by ciwir | March 12, 2009

  16. semoga saya kebagian oleh2 dokter ;D okeh? ditunggu, dok.

    Comment by mulki | March 12, 2009

  17. Klo ada rezeki ya mending kasih YEN aja duit Jepun kan bisa ditukerin sendiri heheh tapi klo semua kenalan mau di kasih omiyage yaa borosss bin mrongos

    Comment by HANNA | March 12, 2009

  18. eh bro klo boleh saran nich buat oleh 2 jepun

    gue bikin kaos khusus oleh2 jepun (desain kanji )harganya murah klo dibandingin beli dimise jepun, paling murah kaos yg sablonannya sederhana aja 1000 en tul ngga ??? he…he…

    nah klo ada minat pm gw dech…

    carren_care@yahoo.com

    ditunggu ya pesanannya arigato gozaimasu .!!

    Comment by firman | March 13, 2009

  19. wah cocok nich kayanya ,klo mo beli oleh2 jepun ga usah bingung bro pesen aja ke gw .

    gue nyediain,untuk sementara kaos oblong ( desain kanji ) ,akan datang mug desain kanji khas japan .

    klo minat pm aja gw ya ato telp dech .arigato minna he…he…

    email yahoo : carren_care@yahoo.com

    no telp : 09017815012

    Comment by firman | March 13, 2009

  20. ternyata pulang ke solo tidak membawa oleh2 untuk saya :(

    Comment by masiqbal | March 13, 2009

  21. hahahahahaha……. kayax seru, tapi kenyataanx pasti ‘riweuh’ banget!!
    urayamashii na~ to omotte iru =P kapan yaa~

    Comment by shirayuki | March 15, 2009

  22. dq minta maria ozawa deghhh
    hua…ha..ha

    Comment by Nyante Aza Lae | March 16, 2009

  23. sekarang masih di jepang mas?? sepertinya sampeyan itu member bengawan ya???
    Lha terus oleh2 yang murah apa donk?

    sudah di solo.
    oleh2 yang murah tidak ada….hehehe

    Comment by ardian eko | February 27, 2010

  24. Untuk pilihan oleh2 yang murah di Jepang banyak kok..
    Mulai dari gantungan kunci yang lucu2, kuku2an palsu & ikat/jepit rambut utk abg putri, atau lukisan kertas khas Jepang.
    Untuk gantungan kunci bisa di dapat di Yodobashi, atau klo mau lebih murah lagi bisa cari di Akihabara. Gw dapet gantungan kunci yang bisa mengeluarkan bunyi seperti bunyi announcement kereta khas Jepang. Dan bisa dipilih stasiun yang disukai.. harga 200-500 yen (tergantung statiunnya).
    Klo utk pajangan/hiasan rumah, harus rajin2 hunting ke flea market, lebih gampang lagi klo mau nyari ke hardoff (tapi agak mahal).
    gw dpt satu set boneka kaisar, tujuh tingkat beserta panggungnya dengan haraga 800 yen.. (stoknya selalu ada kok)

    Klo memang cuma sebentar ke Jepang, coba mampir ke akihabara.. utk barang & lokasi tokonya bisa search dulu di http://www.kakaku.com.. Toko yang murah biasanya terletak agak dipinggir dari pusat akihabara, jangan lupa bawa passport biar bisa dapet pengurangan pajak.

    Selamat hunting oleh2 ya.. :D

    Comment by begeuz | March 20, 2010

  25. kayax seru, tapi kenyataanx pasti ‘riweuh’ banget!!

    Comment by fax2email | July 26, 2011

  26. begini, saya ini siswa pertukaran pelajar di jepang. cuma 2 minggu bakalan disana bulan desember ini. seusia saya (17) oleh2 yang cocok untuk teman sekelas itu apa ya kak? yang murah dan gak menghabiskan uang deeeeeeeh, apa ya? hhe. mohon diberi saraan. mention @tweeta atau fb Shinta Arum Suffia kak. makasiiih :) )

    Comment by titut | November 22, 2011

Leave a comment

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image