Dibutuhkan Asisten Peneliti

Pengumuman terbuka untuk Adik-adik FK UNS, terbuka untuk siapa saja yang memenuhi syarat. Saya membuka lowongan asisten peneliti untuk penelitian HIV-HCV untuk tahun 2009 ini. Pekerjaan yang MUNGKIN dilakukan oleh asisten peneliti tersebut (bisa sebagian bisa semuanya, tergantung kesepakatan dan kemampuan asisten peneliti yang bersangkutan) adalah sebagai berikut:

– pengambilan spesimen darah (dengan menggunakan BD vacutainer, jadi mudah dan aman)

– pemeriksaan serologi untuk HIV, HCV, (dan HBV untuk beberapa sampel tertentu) menggunakan kit (mudah, aman dan cepat)

– isolasi asam nukleat menggunakan kit (mudah dan cepat)

– pemeriksaan asam nukleat untuk HIV dan HCV dengan RT-PCR nested

– analisis filogenetik

– pembuatan manuskrip untuk publikasi

– administrasi dan managemen yang berhubungan dengan penelitian tersebut

Penelitian tersebut akan dilakukan pada bulan Juli-September, sedangkan pembuatan manuskrip direncanakan bulan Oktober.

Fasilitas yang MUNGKIN didapat:

– ilmu (karena semuanya jelas di bawah bimbingan dan pengawasan saya)

– kesempatan untuk publikasi internasional sebagai second author (jika keterlibatan dalam penelitian signifikan)

– honorarium (sesuai kesepakatan, situasi dan kondisi, yang jelas tidak banyak, hehe *smile*)

– surat rekomendasi dari saya jika suatu saat nanti dibutuhkan (untuk mencari beasiswa luar negeri, misalnya)

Data penelitian boleh digunakan untuk data skripsi JIKA situasi dan kondisi memungkinkan untuk itu (jika memang memungkinkan untuk digunakan sebagai data skripsi berarti si asisten peneliti yang bersangkutan dapat data, hemat karena bahan penelitian dari saya, dapat honor pula….kurang apalagi? *smile*)

Adapun syarat untuk bergabung adalah sebagai berikut:

– lulus blok biologi molekular DAN infeksi

– memenuhi 5 syarat

Lamaran tertulis (formatnya bebas) yang dilampiri transkrip nilai (harus ada) silakan ditujukan ke saya di bagian Mikrobiologi FK UNS. Jangan lupa mencantumkan no HP yang dapat saya hubungi.

Tidak ada batas waktu spesifik. Lowongan akan saya tutup secara sepihak jika kebutuhan saya telah terpenuhi. Keputusan tentang siapa yang diterima/tidak diterima menjadi kewenangan penuh saya dan tidak dapat diganggu gugat oleh siapapun dan oleh apapun *smile*

Omong-omong, dalam waktu dekat saya juga akan membuka lowongan asisten peneliti untuk penelitian epidemiologi virus pernafasan di Surakarta. Silakan tunggu pengumumannya.

21 Responses to “Dibutuhkan Asisten Peneliti

  • Assalamu’alaykum dok.
    Sbenernya saya ragu ngelamar jadi asisten peneliti, tapi kepengen dapet ilmunya. saya juga ragu apakah saya memenuhi ‘5 syarat’ itu, sebab yang sepenuhnya bisa menilai adalah orang lain. tapi alhamdulillah, syarat pertama telah terpenuhi.
    masalahnya transkrip nilai dari fakultas mungkin belum bisa muncul dalam waktu dekat. tapi insya Allah jika sudah keluar saya akan ‘mencoba dan berusaha’ untuk menjadi salah satu pelamar 🙂

    Terimakasih buat kuliah dan bimbinganya selama di blok 7 & 8, khususnya di lab mikro. semoga Allah membalasnya dengan banyak kebaikan.
    Wassalam,

  • @astrid: kalau memang sudah lulus, transkrip nilai belum keluar silakan aja kalau mau mengirimkan lamaran (nanti kan bisa disusulkan). Tapi jangan bohong lho ya, sebab syarat utama jadi peneliti itu tidak boleh bohong *smile*. Karena itu transkrip nilai harus ada sebagai bukti formal kalau ybs betul lulus 2 blok syarat itu sekaligus untuk menilai apakah ybs bermasalah dengan studinya.
    Tentang 5 syarat, ya intinya selalu berusahalah untuk memenuhi hal itu.
    Terima kasih untuk doanya, semoga Allah memberikan banyak kebaikan juga untuk Astrid

  • aslmkm wr. wb.,,
    Maaf Dok,kalo yang sudah jadi asisten biomedik daftar, bakal masuk nominasi jadi asisten peneliti dengan mudah gak dok? ya mungkin bisa bantu2 di sentrifugasi,PCR,elektroforesis,ELISA, atau bantu cuci2 pake autoclave,,hehe..

    Dok,maksud lulus blok disini itu lulus tanpa kena remidial gitu? kalau lulusnya setelah kena remidial gimana dok? kan tetep lulus dok!

    saya sangat menunggu jawabannya
    trimakasih
    wasslmkm wr.wb.,,

  • @Denny:hm,ttg apakah asisten biomedik bakal masuk dg mudah atau tidak trgantung wawancara nantinya.Sebab saya kan punya jadwal penelitian yg harus dipenuhi.Klo sudah “punya kerjaan sbg asisten biomedik” sanggupkah membagi waktu? Saya nanti pegang praktikum genomik juga di biomedik, jd klo kerjaan si asisten biomedik (dlm hal ini Denny) kacau gara2 jd asisten peneliti di penelitian saya, begitu jg sebaliknya, ntar si asisten ini dpt semprot dua kali lho, dari saya ketika di penelitian dan dari saya ketika di biomedik…hehehehe….
    Lulus blok tidak memandang lulus langsung, lulus dg remidiasi, lulus dg remidiasi 2x, lulus dg remidiasi 3x, dst, dan nilai lulusnya yg remidiasi 100x dg yg dpt nilai A tanpa remidial nilainya sama, karena ini hanya syarat administratif.Maksud saya, kan nggak lucu kalau ikut penelitian HIV-HCV yg notabene berhubungan dg infeksi yg menggunakan teknik2 biomol tapi belum lulus blok infeksi & biomol, gituh…. Sedangkan dlm praktek penelitian di lapangan blm tentu yg nilai teorinya A tanpa remidial lebih bagus daripada yg remidiasi 100x…*smile*
    Ditunggu lamarannya, ya…

  • Assalamu’alaikum wr. wb
    Sebenarnya saya berminat melamar sebagai asisten peneliti itu dok…
    tapi terkadang saya ragu,,,bisakah seorang yg baru saja jd mahasiswa dengan ilmu seadanya bergabung sebagai tim peneliti dokter…
    hehe,, saya tau itu pemikiran orang yg pesimis dok,,
    tp,, insya Allah saya coba untuk mengusir jauh-jauh pemikiran tsb…
    karna saya tergiur akan ilmu baru yg bakal didapat dan tentu saja pengalaman…^_^

    oh ya, ada prioritas tdk dok bwt mahasiswa tingkat atas yg udh menjelang skripsi misalnya? ato semuanya sama, tdk memandang semester berapa si pelamar tsb?
    Terus,, penelitian itu akan diadakan Juli kan? berarti akhir juni ini surat lamaran hrs sdh nyampe y dok? kalo blh tau sudah banyakkah yg melamar?? hehe,,
    ada tes wawancaranya jg nggak dok?
    One more question,, apakah pelamar hrs sdh mafhum betul dg HIV dan HCV??
    Maaf atas pertanyaan yg terlalu banyak ini y dok…

    Oh ya,, saya ucapkan terima kasih atas bimbingan dokter selama ini baik di ruang kuliah maupun di lab…
    terima kasih juga atas ringkasan virologinya yg sangat membantu…
    semoga Allah membalas segala kebaikan dokter…
    Wassalamu’alaikum wr. wb

  • wah saya senang sekali mendengarnya dok, masih ada harapan dan peluang buat yang remidi, tapi seandainya diterima saya harus sedia payung nih,… hehehe
    insyaallah akan saya berikan lamarannya secepatnya setelah transkrip nilai semester 2 ini keluar,, –>(kayaknya agak lama keluarnya apalagi yang kena remidi..hiks2)

  • @lutfia:
    Pada prinsipnya terbuka untuk siapa saja, tidak memandang semester berapa pun itu, yang penting masih berstatus mahasiswa FK UNS. Yang tenaga profesional saya sudah punya tim tersendiri.
    Hubungannya dg skripsi:Yg semester akhir, kalau mau dipakai skripsi, JIKA memungkinkan silakan. Utk yang semester awal (blm skripsi), jika ternyata dapat digunakan utk skripsi di semester akhir nanti ya silakan. Jadi intinya, bisa tidaknya data dipakai utk skripsi tergantung bagian skripsi & yg terkait. Dari saya tdk ada masalah.
    Tidak ada batas waktu dan batas minimal atau maksimal jumlah asisten yang akan diterima. Intinya, penelitian Juli-September (mungkin molor sampai Oktober), tapi akhir Oktober manuskrip utk publikasi internasional harus jadi. Lowongan utk jadi asisten peneliti ini sebagai kesempatan bagi mahasiswa yang memang suka meneliti dan atau belajar untuk menimba pengalaman “benar-benar meneliti itu” seperti apa…hehehe..
    Ohya, yang menentukan utk diterima/tidak adalah hasil wawancara. Transkrip nilai hanya syarat administratif, dapat disusulkan bila sudah yakin lulus. Dalam wawancara ini TIDAK ADA pertanyaan tentang teori (jadi blm tahu ttg HIV & HCV pun nggak apa-apa), tapi lebih tentang penilaian mungkin tidaknya yang bersangkutan mengikuti kegiatan penelitian yang begitu padat dan beratnya…*smile*

  • Sayangnya aku udah lulus dok. Beruntungnya mahasiswa punya dosen seperti sampeyan. Belajar sekaligus dapat penghasilan. 😀

  • Assalamu’alaikum.
    Ini saya lagi dok,AFandi08. Yang dulu sempat tanya sedikit tentang per’diare’an. Terima kasih sebelumnya atas jawabannya.
    Mengenai pendaftaran asisten peneliti tersebut apa sudah ditutup dok?
    Sebenarnya sih saya pengin ikut penelitian2, tapi agak ragu, masalahnya yang diteliti sekitar HIV-HCV (takut kalo salah bisa fatal akibatnya)…
    Tapi tes wawancaranya hanya sekitar tentang kegiatan penelitian kan dok? Soalnya blum tau soal HIV, apalagi HCV..
    Semoga dapat ilmu yang bermanfaat.

    39

  • makasih informasinya ya mas

  • @AFandi:Pendaftaran asisten peneliti untuk proyek HIV-HCV tahun ini belum ditutup.Ditutupnya mungkin akhir Juli karena kegiatan pasti sudah jalan (saya lebih suka si asisten ini terlibat sejak awal, agar peran dalam penelitian signifikan, sehingga bisa masuk dalam daftar author).
    InsyaAllah penelitian tersebut berlanjut terus, jadi akan selalu ada lowongan asisten peneliti setiap tahunnya.
    HIV-HCV memang bisa fatal, karena itu nanti ada bimbingannya.
    Wawancara hanya seputar hal-hal yang menentukan apakah kita bisa atau belum dapat bekerja sama, bukan tentang teori.

  • faradillah
    8 years ago

    assalamualaykum.wr.wb.
    dok, saya mahasiswa FK UNS’06,,,saya benar2 tertarik dengan lowongan asisten penelitian yang dokter buat…yang ingin sya tanyakan…disana ada salah satu syarat ada ketrangan lulus blok biomol dan infeksi…buat kami2 dengan sistem non KBK itu bagaimana?terima kasih dokter atas jawabannya.barakallahufiikum
    wassalamualaykum.wr.wb

  • Assalamu’alaykum wr.wb.
    dok, saya sangat tertarik dengan lowongan asisten penelitian ini. Senang mengetahui info dari comment di atas bahwa yang remidi masih berpeluang untuk terlibat..*smile*
    Permasalahnnya nilai belum keluar dan belum tahu kapan keluarnya. Kalau diberi kesempatan, ingin rasanya bisa terlibat dalam penelitian ini dari awal agar dapat ilmu & bimbingan dokter dari awal..
    Pertanyaannya apakah saya bisa melamar sementara transkrip nilai belum keluar?^^
    Terima kasih atas jawabannya, semoga sukses selalu..
    Wassalamu’alaykum wr.wb.

  • @Faradillah:Wah,makasih banyak pertanyaannya.Saya tidak berpikiran sejauh itu.Untuk yang sistem non KBK silakan tunjukkan transkrip nilai yang sudah didapat.Syarat lulus blok biomol dan infeksi hanya syarat administratif,sedangkan yang paling menentukan wawancara.

    @Hafril:Yang penting lulus,nggak?Kalau lulus,silakan langsung ndaftar,transkrip silakan disusulkan setelah keluar.Kalau baru “yakin lulus” tapi belum ada bukti apapun tentang kelulusannya,silakan juga mendaftar.Dengan catatan,begitu pengumuman keluar tapi ternyata tidak lulus,status asisten penelitinya gugur.Setuju?

    @UNTUK SEMUA YANG BERMINAT:DIMOHON SEGERA MENGIRIMKAN LAMARAN baik via mail (afieagp@yahoo.com) atau dititipkan via Lab Mikro.Via email lebih baik karena untuk beberapa bulan ke depan saya relatif jarang ke Mikro.Jangan lupa mencantumkan no HP yang dapat dihubungi.Penelitian akan segera dimulai,saat ini sudah ada kandidat yang akan saya terima,dan posisi asisten peneliti yang saya tawarkan sangat terbatas.Tunggu apalagi?Buruan ndaftar, lebih cepat lebih baik.Begitu kebutuhan saya rasa cukup,lowongan akan saya tutup.

  • lha kalo saya asisten apa ya cocoknya

  • Puput 08
    8 years ago

    dokter afie,,,
    saya tertarik banget dengan lowongan yang dokter buat,,,
    saya ingin ikut,,tapi saya belum punya pengalaman di bidang penelitian…jadi saya ragu untuk ikut gabung ato enggak
    lagian saya kemarin ikut remidi blok infeksi dan belum tau lulus atau enggak,,cz blum da pengumuman,,
    tapi saya igin punya pengalaman meneliti…

    selain 5 syarat di atas kira-kira ada hal lain yang perlu dpersiapkan ato diperhatikan gak dok..???
    seleksi yang harus dilewatin apa aja dok..???

    makasih dok….

  • @Puput: kayaknya siap mental kali ya? Seleksinya tiga tahap. Tahap pertama wawancara umum. Tahap kedua wawancara mendalam. Tahap ketiganya wawancara lebih mendalam plus ujian beberapa skill dasar. Untuk lolos tahap pertama sangat mudah (asal kondisimu memenuhi beberapa syarat awal). Untuk lolos tahap kedua butuh mental. Untuk lolos tahap ketiga butuh “keberuntungan” (jika jodoh takkan lari kemana). Dalam keseluruhan tahap itu si aplikan selalu dinilai (banyak ujian tak terduga). Hanya yang benar-benar pantas saja yang berhak bergabung.
    Wakakaka, serem banget bacanya ya?
    Pengalaman sangat tidak diperlukan untuk mengisi lowongan ini. Yang paling diperlukan adalah niat-semangat-tekad-mental yang kuat untuk belajar melakukan penelitian sungguhan.
    Akan teramat sangat banyak yang bisa Puput dapatkan jika bergabung. Tetapi ya itu, yang didapat sepadan dg perjuangannya..*smile*

  • hmm…
    pingin..
    engga..
    pingin..
    engga..
    waduh,, kancing bajunya ilang atu nee…
    hoho,,

    kok pke wawancara sgala dok??
    suka gagu klo ngmong.,
    buu..buu…
    nguukk..nguuk..
    jes jes jes ,, duongg duong.. klotak,, gubrak.. Lherrr

  • @dem:gagu bukan halangan kok

  • evan saap 08
    8 years ago

    Dokter Afie, apa masih akan ada lowongan asisten peneliti lagi?

  • @evan saap 08:InsyaAllah masih akan ada, meskipun belum tentu ada yang lolos/diterima….*smile*
    Utk yg HIV/HCV, klo mau bergabung sih masih bisa, tetapi tidak sebagai asisten penuh (tidak bisa masuk daftar author)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Skip to toolbar