Laporan Ilmiah Mahasiswa

Salah satu jadwal saya di minggu ini adalah mengoreksi laporan mahasiswa. Tidak untuk semua mahasiswa memang, hanya bagi mereka yang berminat mendapatkan masukan saja. Namun, dari beberapa laporan mahasiswa yang sudah saya koreksi, komentar saya nyaris mirip satu sama lainnya. Apakah itu?

Komentar pertama adalah masalah bahasa. Terlampau sering saya menjumpai kesalahan penggunaan struktur-kosa kata-tanda baca-ejaan. Menulis ilmiah memang tidak mudah. Saya sendiri juga bukan ahli bahasa dan masih dalam taraf belajar. Saya sendiri jika sedang membuat tulisan ilmiah dalam bahasa Indonesia selalu memegang buku panduan menulis ilmiah di tangan kiri dan kamus bahasa Indonesia di tangan kanan (lho, lalu nulisnya pake apa?). Saya berharap mahasiswa melakukan hal yang sama.

Komentar kedua masih tentang bahasa, yaitu sering kalimat yang ditulis bukan kalimat efektif. Menulis ilmiah beda lho dengan menulis di blog, catatan harian, email, atau sebangsanya. Kalimatnya haruslah efektif-efisien.

Komentar ketiga adalah masih tentang bahasa, yaitu longgarnya hubungan antara satu kalimat dengan kalimat lainnya, antara satu paragraf dengan paragraf lainnya. Hal ini mungkin karena yang bersangkutan menggabungkan beberapa informasi dari beberapa sumber yang berbeda secara terburu-buru. Jadi bukan menulis ulang, melainkan nyaris copy-paste. Akibatnya, jelas, jika satu paragraf/kalimat diambil dari buku A lalu paragraf/kalimat berikutnya diambil dari buku B, lalu digabung begitu saja, maka hubungan antar paragraf/kalimat tersebut sangatlah longgar.

Komentar keempat tidak nyambungnya judul dengan isi tulisan. Saya kurang tahu kenapa, tapi ini merupakan kesalahan umum yang sangat sering saya jumpai. Dalam menulis, sebaiknya memilih tema dulu, lalu menulis, selesaikan, baca lagi dari awal sampai akhir, baru memilih judul yang tepat.

Komentar kelima adalah kedalaman pembahasan. Persepsi saya, yang ditulis adalah yang diketahui. Semoga persepsi saya salah. Semoga isi laporan yang kurang dalam tersebut hanya karena keterbatasan waktu, bukan karena keterbatasan informasi.

Komentar keenam, berkaitan dengan komentar kelima. Saya menerima beberapa tulisan/laporan ilmiah dari beberapa mahasiswa. Secara unik aneh tapi nyata, daftar pustaka dalam beberapa laporan tersebut dapat nyaris sama. Bahkan yang lebih unik lagi, ada beberapa laporan yang isi daftar pustakanya sama persis, hehe…*smile*

Komentar ketujuh, masih berkaitan dengan komentar kelima dan keenam. Yang saya prihatin, rujukan yang dipakai biasanya buku-buku lawas yang saya sendiri sudah tidak mau pakai…. Tapi memang jer basuki mawa bea. Untuk mendapatkan koleksi pustaka yang update butuh dana besar. Dan tidak semua mahasiswa punya dana dan fasilitas cukup untuk berburu jurnal-ebook, dll. Namun bukankah itu konsekuensi logis dari menuntut ilmu? Untuk menyiasati hal ini, saya menawarkan solusi, minimal untuk bidang yang saya pegang dan kuasai. Bagaimana kalau kita buat semacam klub belajar atau apalah gitu, untuk mengumpulkan dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan yang diminati. Untuk virologi dan biomol, InsyaAllah saya punya banyak sumber dan selalu berusaha mengikuti perkembangan. Jadi yang berminat tentang biomol (terutama apoptosis dan terapi gen) dan virologi (terutama virus pernafasan dan hepatitis C), bagaimana kalau kita berkumpul dan berdiskusi untuk saling berbagi info?

5 Responses to “Laporan Ilmiah Mahasiswa

  • mksii dok bwt feedbackny..
    v.v

    mav y kalo hsil pnulisan laporanny mengecewakn
    hehe

  • @ira: poin saya bukan mengecewakan atau tidak mengecewakan, kok, karena saya sendiri masih dalam taraf belajar menulis. Hal2 di atas terpaksa saya ungkapkan biar jadi pembelajaran, minimal tahu kekurangannya dimana *smile*

  • iya..
    insyaAlloh dok..
    smoga laptut berikutnya bisa lebih baik lagi..
    😀

    sekali lagi makasih..

  • Dok, artikel-artikel tersebut dapat saya donlot di blog ini tidak?buat baca-baca.
    Saya pengen ikutan pinter:-).soalnya
    saya belum mampu donlot artikel up to date dari situsnya langsung . *berkaitan dg anggaran yang tinggi* Hikz..

  • 🙂 saya ikutan senyum dok…. hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Skip to toolbar