Jangan Kaget Berjumpa Polisi Preman di Bandara Jepang

Anda orang Indonesia? Muslim? Hehehehe, jangan kaget, ya kalau ketika kita baru keluar dari pintu kedatangan di bandara Jepang dicegat oleh 1-2 orang berpakaian necis. Beberapa waktu yang lalu saya berkesempatan untuk berkunjung ke Jepang (lagi), dan betul, begitu melewati pintu keluar langsung seorang pria berpenampilan necis menghampiri.

“Permisi”

“Ya?”

“Maaf mengganggu”, sambil menunjukkan lencana polisi-nya.

“Oh, nggak papa, sudah sering, kok. Selalu begitu”

“Oh, sering, ya, maaf, ya….”, kekekekeke….kena luh…

Jadi ceritanya, ada satuan khusus polisi yang bertugas untuk kontra teroris. Semacam CTU gituh. Dan di bandara, biasanya mereka mencari orang dari negara yang mereka anggap “beresiko”. Dan mereka sudah hafal jadwal pesawat yang berasal dari Indonesia, baik yang langsung, maupun yang pake transit. So, artinya? *smile*.

Mereka akan meminta kita memperlihatkan paspor. Mereka kemudian akan mencatat nama dan nomor paspor. Mereka juga akan menanyakan alasan dan tujuan kita ke Jepang, berapa kali ke Jepang, tinggal berapa lama, dll. Dan kalau kita muslim, siap-siap ditanya hal-hal seperti tahukah kita perkumpulan muslim di kota yang akan kita kunjungi, berapa orang, dll, dst. Yah, maklum aja. Bom Bali dan bom-bom lainnya di Indonesia sangat berkesan untuk orang Jepang….

Yang jelas, mereka hanya menjalankan tugas. Kita tidak perlu panas hati mendengarkan pertanyaan mereka. Kalau saya pribadi sih, biasanya saya “manfaatkan” mereka. Seperti waktu itu, saya minta bantuan si polisi tersebut untuk membantu membawakan tas-tas saya ke tempat pemberhentian bis, hehehe. Dia tidak sempat bertanya-tanya malah, karena begitu sampai di tempat pemberhentian bis, bis-nya sudah siap untuk berangkat. So, ini tips juga untuk Anda. Kalau berkunjung ke Jepang, dan di bandara ketemu dengan mereka, Anda bisa bertanya dan minta bantuan, mulai dari cara beli tiket memakai mesin elektronik sampai titip barang selama Anda ke toilet, hihihihi….peace…becanda.

9 Responses to “Jangan Kaget Berjumpa Polisi Preman di Bandara Jepang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Skip to toolbar