Selamat Bertugas Asisten Baru Lab Biomedik FK UNS

Akhirnya, terpilih juga para asisten baru Lab Biomedik FK UNS. Tiga orang dari angkatan 2008 dan 4 orang dari angkatan 2009. Untuk selanjutnya, akan dibuka lowongan asisten baru untuk memenuhi kuota 4 asisten per angkatan, kecuali ada pertimbangan tersendiri yang diputuskan kemudian.

Apa sih “tidak enaknya” jadi asisten Lab Biomedik?

1.Kerjaannya banyak, tidak hanya ngurusi praktikum. Jadi asisten di Lab Biomedik berarti siap-siap dilibatkan untuk SEMUA kegiatan yang dilakukan Lab Biomedik. Lab Biomedik memiliki agenda seminar dan workshop rutin per tahun, dan banyak sekali agenda yang tidak rutin. Belum urusan tetek bengek yang nggak mutu lainnya, hehehe.

2. Jam kerja yang tidak jelas. Karena tidak hanya ngurusi praktikum, tentu saja jam kerja tidak jelas. Tahu-tahu ada panggilan datang pagi, datang hari libur, kerja sampe malem, dll, dst….hehehe

3. HR dikit. Meski kalau ditanya pasti para kandidat menjawab seragam “tidak dibayar tidak apa-apa”, perlu diketahui bahwa HR asisten biomedik tidak layak dijadikan pendapatan tetap…. Jadi para asisten cowok, begitu tahu diterima jadi asisten Lab Biomedik jangan sekali-kali langsung berpikiran “sudah siap memberikan nafkah lahir….”

4. Berurusan dengan dosen reseh seperti saya. Banyak aturan di Lab Biomedik, apalagi pas mipet bareng saya. Dikit-dikit ganti tip, dikit-dikit semprot alkohol, dikit-dikit ganti sarung tangan, dikit-dikit … Belum kalo saya lagi bludreg atau datang bulan…..rasain deh lo….

5. …. silakan tanya para asisten senior ….

Lalu, apa sih yang kita tawarkan ke para asisten:

1. Well,….kesempatan membiasakan diri bersentuhan dengan biomol. Saat ini Lab Biomedik FK UNS dalam proses pematangan kegiatan genomik. Tahun depan InsyaAllah kita akan mulai proteomik dan kultur. So, ada kesempatan untuk belajar teknologi dan teknik yang tidak mungkin akan diberikan di bangku kuliah.

2. Kalau ada dosen Lab Biomedik yang punya proyek penelitian dan membutuhkan asisten penelitian, tentu saja para asisten Lab Biomedik yang akan tahu duluan. Ohya, kalian akan selalu diamati, lho. Yang bisa mipet, jangan kaget kalau mak bethunthuk diajak kerja bareng. So, mumpung sudah berstatus asisten Lab Biomedik, sangat rugi kalau kalian tidak rajin belajar mipet….

3. Kesempatan untuk berkembang dan merintis karir di dunia per-biomol-an… Ini hanya khusus bagi asisten Lab Biomedik yang punya cita-cita merambah dunia lain kayak saya….

4. …tanya asisten senior …

So, kita sekarang satu tim. Mohon kerjasamanya. Dan selamat bertugas untuk para Asisten Baru Lab Biomedik FK UNS. Doakan saja banyak proyek di lab kita, karena banyak proyek = banyak acara makan-makan…..

3 Responses to “Selamat Bertugas Asisten Baru Lab Biomedik FK UNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Skip to toolbar