Seleksi Asisten Biomedik 2010

Siang tadi sampai sore, saya dan Bu Yulia melakukan wawancara calon asisten Lab Biomedik FK UNS. Tahun ini mekanisme seleksi memang agak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Mula-mula, seleksi dilakukan oleh para asisten senior. Seleksinya lumayan ketat juga, mulai dari tes komitmen, tes presentasi, journal reading, teknik pipeting, bahkan sampai seleksi CV. Masing-masing tes ada nilainya, dan setelah semua nilai direkap menjadi satu, dilaporkan ke dosen. Dari semua peserta ujian, yang mendapatkan nilai lebih besar atau sama dengan 70 dipanggil untuk wawancara. Wawancara dilakukan dua dosen. Wawancara ini untuk mencari “kesan” dan “chemistry”. Hasil dari wawancara dosen ini kemudian dikonfirmasikan dengan nilai rekap hasil seleksi yang dilakukan asisten senior. Kebetulan hampir semua kandidat pilihan dosen sama dengan nama-nama yang menghuni peringkat atas hasil seleksi yang dilakukan asisten senior (selamat untuk asisten senior, metode seleksi yang kalian buat benar-benar baik). Setelah itu, untuk memilih kandidat mana yang dinyatakan lulus, dilakukan diskusi yang intensif oleh para dosen, yang tentu saja juga melibatkan asisten senior.

Untuk seleksi asisten Lab Biomedik kali ini, diskusi yang kami lakukan sangat alot. Jumlah asisten yang dibutuhkan terbatas, padahal sebagian besar calon asisten yang kami wawancara tadi jauh di atas syarat minimum yang kami terapkan. Bahkan yang outstanding jumlahnya lebih dari yang kami butuhkan. Dengan kata lain, jumlah kandidat pilihan dosen lebih dari kuota asisten yang dapat kami terima. Semua kandidat pintar, cerdas, berkomitmen tinggi, dan memiliki track record yang sangat baik.

Namun, apa boleh buat, karena kuota yang terbatas, kami harus memilih. Sungguh suatu pekerjaan yang sangat sulit. Sebagian besar dari kalian sangat-sangat-sangat berkualitas. Bagi kalian yang tidak lolos, mohon maaf atas proses seleksi yang sangat melelahkan dan menyita waktu kalian. Kami sangat merasa terhormat karena kalian berkenan memasukkan lamaran asisten ke Lab Biomedik. Semoga kita dapat bekerja sama di kemudian hari, karena meski tidak berstatus asisten Lab Biomedik, bukan berarti kalian tidak dapat ikut terlibat di kegiatan Lab Biomedik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Skip to toolbar