PRETEST dan RESPONSI BIOMEDIK UNTUK TEKNIK BIOMOL DASAR

Kalau penasaran seperti apa soal pretest dan responsi biomedik untuk teknik biomol dasar, kira-kira begini soalnya….

Untuk pretest, sebenarnya yang keluar yang seputar itu-itu saja (lihatlah soal pretest dan responsi tahun lalu), tapi soal selalu ditulis ulang. Opsi jawaban yang dulu salah akan dibenarkan, yang dulu benar akan disalahkan. Atau soal boleh sama namun opsi jawaban yang berbeda. Begitu juga sebaliknya, opsi jawaban boleh sama tapi soalnya berbeda.

Baik pretest maupun responsi, biasanya jarang sekali ada hafalan murni. Kalau toh ada hafalan, biasanya berupa hal-hal yang memang (nantinya) familier…..memang sering dijumpai.

Baik pretest maupun responsi, PASTI ada soal hitung-hitungannya. Hitung-hitungan biasanya berkisar tentang panjang produk PCR (jelaslah…bagaimana kita mau menganalisis hasil PCR kalau ngitung panjang produknya saja tidak bisa), tentang cara mengubah konsentrasi suatu zat, maupun tentang jumlah partikel (menggunakan bilangan avogadro).

Good practical laboratories itu penting. Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi hasil PCR itu juga penting, termasuk hal-hal yang menyebabkan reaksi positif atau negatif palsu. Tentu saja, mengetahui apa yang terjadi pada masing-masing tahap PCR itu penting.

Mengetahui apa itu PCR single, double, nested / hemi nested, real time PCR, PCR kuantitatif, PCR degeneratif, itu penting. Termasuk ketentuan dasar primer PCR. Ohya, tentu saja mengetahui apa fungsi polimerase, macam2 polimerase, fungsi primer, bufer, dNTP, ion Mg, dll, itu penting.

Prinsip dasar elektroforesis. Faktor2 yang mempengaruhi pergerakan DNA ketika elektroforesis. Cara visualisasi DNA. Ohya, cara menganalisis kuantitas dan kualitas DNA termasuk cara menyimpannya. Rasio 260/280 untuk DNA / RNA juga penting.

Prinsip dasar ekstraksi asam nukleat jelas penting. Macam2 zat kimia yang bisa digunakan termasuk maksud dan tujuannya juga penting.

Ohya, semuanya sudah ada di buku saya. Dan kebetulan, hampir semua yang tertulis di situ itu penting *smile*. Sebenarnya, buku itu memang merangkum prinsip2 dasar yang penting tentang teknik biomol dasar.

Beda antara pretest dan responsi adalah: responsi ada soal essay. Soal essay untuk responsi biasanya seputar good practical laboratories, karena itu SANGAT penting. Analisis hasil DNA setelah dipotong dengan enzim restriksi juga penting.

Tentang alat-alat…paling tentang fungsi utamanya.

Jadi memang soal pretest dan responsi biomedik untuk teknik biomol dasar ya itu-itu saja. Kalau benar-benar paham, pastilah bisa. Tidak jarang kok ada mahasiswa yang dapat nilai hampir sempurna. Bahkan sangat memungkinkan untuk mendapat nilai sempurna saking gampangnya. Meskipun tidak jarang pula ada yang mendapat nilai hampir nol…*smile*.

Jadi, pahami saja teknik2 dasar itu. Pastilah nanti pretest maupun responsi akan bisa dilalui dengan mudahnya…. So, good luck…

2 Responses to “PRETEST dan RESPONSI BIOMEDIK UNTUK TEKNIK BIOMOL DASAR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Skip to toolbar