Resolusi 2011

Tak terasa selesai juga 2010, tahun yang bagi saya penuh masalah.

Macam-macam masalahnya, dan kebetulan hampir semuanya berhubungan dengan institusi. Puncaknya adalah listrik mati. Meskipun sepele, tapi akibatnya luar biasa. Kerja keras 2 tahun musnah. Konyolnya, sebelum kejadian itu, kami diyakinkan oleh pihak2 terkait bahwa listrik tidak akan mati. Bahkan meskipun listrik terpaksa mati, akan ada genset yang akan mensuport. Konyolnya, listrik mati juga, dan genset yang dijanjikan tidak bisa digunakan karena sedang diservis …. Benar-benar manajemen yang baik dari institusi yang katanya (ingin masuk) kelas dunia ….

Satu masalah besar lainnya adalah tentang rumah. Membangun rumah ternyata stress full… Kami mempercayakan pembangunan rumah pada pemborong yang di atas kertas seharusnya bisa dipercaya. Yang jadi masalah, pemborongnya mungkin memang bisa dipercaya, tapi mandornya? Dan lebih parah lagi, sepertinya konon pekerjaan itu didelegasikan ke kerabat dekatnya yang konon kerabat dekatnya itu sedang belajar jadi pemborong … Akibatnya molor berbulan-bulan dari jadwal yang ditentukan sebelumnya, apalagi saya menghendaki SEMUA KUSEN DAN PINTU diganti karena begitu buruknya kualitas pengerjaan kusen dan pintu mereka sebelumnya. Itu belum termasuk masalah cat (akan dicat ulang), tangga (teralis tangga diganti), dll, dst yang semuanya berbau finishing. Pemborongnya bersedia bertanggung jawab. Ini patut diapresiasi. Seandainya sejak awal dikerjakan dengan baik, mungkin sudah beberapa bulan rumah baru itu kami tempati (sebelumnya dijadwalkan rumah selesai akhir Agustus 2010). Yang jelas, jika diberi kesempatan membangun lagi, saya tidak akan pakai pemborong lagi … Mending dibangun dan dimandori sendiri ….

Tapi sebentar lagi masuk 2011. Yang sudah ya sudah biar berlalu. Saatnya membuat target-target baru. Di bidang penelitian, tentu saja melanjutkan penelitian yang sudah berjalan dan berharap dana penelitian tahun kedua dan tahun ketiga disetujui. Saya pribadi ingin mengajukan hibah tahunan lain atas nama pribadi, semoga juga disetujui. Ada juga satu hibah yang “dua kali ndaftar dua kali pula ditolak” yang membuat saya penasaran sekali untuk mencoba lagi. Kebetulan pula ada beberapa rekan yang mau bergabung di grup penelitian saya, semoga proposal atas nama mereka juga diterima, amin.

Untuk urusan publikasi, kali ini manuskrip-manuskrip yang sudah saya buat sepanjang 2010 harus sudah ada yang diterima untuk publikasi. Tahun 2010 banyak tersita untuk kegiatan-kegiatan yang tidak linier dengan penelitian, dan saatnya tahun 2011 kembali linier. Ada 1 naskah buku lagi yang rencananya akan terbit akhir tahun 2011, tentang asma dan virus pernafasan, hasil kolaborasi saya dengan seorang guru besar ahli paru. Ada beberapa naskah untuk jurnal nasional, dan lebih dari 10 abstrak untuk presentasi seminar nasional/internasional. Kali ini mahasiswa S1/S2 bimbingan saya harus mulai banyak yang tampil (Tapi kalau mereka “mau” *smile*). Kemudian, saya akan fokus pada jurnal yang saat ini sedang saya gawangi. Mungkin di akhir tahun 2011 atau di pertengahan tahun 2012 akan ada seminar internasional yang berkaitan dengan jurnal yang sedang saya rintis itu.

Terkesan produktif? Sayangnya, menurut panduan penetapan angka kredit dosen dan panduan EWMP, produktivitas seperti itu “tidak patut”…. *smile*. So, saya tidak peduli lagi dengan segala macam penilaian aneh nggak mutu seperti itu. I am going to do what I want to do …

Untuk urusan kuliah, mungkin saya akan fokus mempersiapkan materi kuliah untuk S2. Sebagian materi yang saya kuasai terlalu dalam untuk S1, dan lebih pas untuk S2. Di S1 paling saya hanya akan jadi tutor, instruktur SL, atau pendamping praktikum saja. Kalau toh ada jadwal kuliah, paling hanya untuk kuliah pengantar. So, kalau ingin bertemu saya, silakan cari di lab biomedik FK UNS, lab Mikro FK UNS, atau di facebook …

Untuk urusan di luar kerjaan saya sebagai dosen, saya akan mulai fokus mencari uang dari dua bidang. Yang satu sudah saya geluti, tapi belum serius. Tahun 2011 akan lebih serius lagi. Bidang yang kedua adalah bidang yang dari dulu ingin saya terjuni, tapi tidak kunjung juga bernyali memasukinya. Thanks untuk sahabat saya yang secara tidak langsung membangkitkan keberanian saya untuk mencoba. Tahun 2011 saya akan mulai mencoba dan akan sungguh-sungguh mempelajarinya. Semua investasi konvensional yang tidak liquid akan saya pindah ke bidang itu (yang liquid tetap dipertahankan dunk). Selain itu, beberapa cita-cita terpendam akan mulai saya usahakan untuk direalisasikan. Antara lain, menulis novel dan buku-buku bacaan ringan, hehehehe, ….

Ohya, tidak hanya itu. Tahun 2011 nanti saya mungkin tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Idealisme masih kuat. Loyalitas terhadap profesi juga masih kuat. Tapi saya akan menjadi realistis, sangat realistis. Jadi maaf kalau saya tidak seperti yang dulu lagi. Saya hanya mau realistis.

Selamat tahun baru 2011.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Skip to toolbar