Fokus Penelitian

Setelah dua tahun bekerja di Lab Biomedik FK UNS, sepertinya penelitian saya mulai terfokus. Selain melanjutkan studi epidemiologi molekular human blood borne viruses (HIV, HBV, HCV, HDV, HTLV-1/2, TTV) dan human respiratory viruses (virus influenza, RSV, HMPV, virus corona, HPIV1-4, HRV, Adenovirus, Enterovirus, Bocavirus), mulai tahun ini saya mulai fokus pada tema berikut:

1. Vaksin HIV

2. Vaksin HCV

3. Vaksin coctail HIV-HBV-HCV

4. Pemanfaatan VLP sebagai carrier untuk vaksin maupun terapi gen. Pertama-tama tentunya sebagai carrier untuk vaksin-vaksin tersebut di atas, lalu barulah dikembangkan untuk vaksin-vaksin lainnya. Terapi gen yang akan dikembangkan khususnya untuk kanker, dan akan kita mulai dari kanker hati dan kanker paru.

Tentang vaksin HBV sendiri akan disiapkan oleh adik-adik mahasiswa. Begitu pula untuk studi epidemiologi molekular, setelah publikasi data 2009-2011, studi spt itu akan saya mulai delegasikan ke adik-adik mahasiswa.

Penelitian-penelitian dengan topik di atas yang sepertinya akan saya kerjakan mulai tahun 2011 ini sampai pensiun nanti.

Ada yang berminat untuk berkolaborasi?

7 Responses to “Fokus Penelitian

  • mantap postingannya gan….
    salam kenal ya……..
    check it out.. KUNJUNGI JUGA INI YA
    BLOG SAYA

  • saya doakan untuk keberhasilan penelitiannya, gan. hingga saat ini vaksin untuk HIV masih blom ada yang mampu mengobatinya. denagn keberhasilan penelitian agan saya harapkan dapat menyelamatkan jiwa-jiwa yang terinfeksi HIV dan menyembuhkannya. amien……….

  • saya mendoakan kesuksesannya saja doc ..
    apa kabar 🙂

  • jiwa-jiwa yang terinfeksi HIV dan menyembuhkannya. amien

  • wah dok..penelitiannya sangat menarik..kalau ada lowongan saya ingin loh menjadi asisten riset dok, tapi sayangnya saya lulusan mikrobiologi ITB bukan dokter..sukses buat penelitiannya dok 🙂

  • Saya berminat sekali untuk turut serta dalam proses penelitian ini..mudah2an jadi kesempatan belajar buat saya…kesempatan menulis dan publikasi juga

  • Penelitian Vaksin HIV ? Problem ke depan yang perlu dipikirkan seandainya vaksin HIV telah ditemukan dan dilaksanakan vaksinasi : maka akan ada orang2 dengan status HIV positif yang asli ( terinfeksi HIV ), dan ada orang2 dengan ” status HIV positif ” tidak asli ( hasil dari vaksinasi ), mengingat tes yang digunakan adalah tes antibodi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Skip to toolbar