Pengembangan Teknologi VLP di UNS

Lab Biomedik FK UNS bekerja sama dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Biodiversitas LPPM UNS, mulai tahun ini akan fokus mengembangkan teknologi VLP (virus-like particles). Kita akan fokus mengembangkan VLP HBc, VLP HCV, VLP influenza, VLP HMPV, dan VLP TTV. Untuk tahap awal, kita akan fokus di pemanfaatannya untuk vaksin dan terapi kanker. Vaksin yang mula2 kita kembangkan adalah vaksin HIV dan HCV (untuk 3 tahun ke depan). Terapi gen yang kita kembangkan adalah untuk kanker hati dan kanker paru (untuk 3 tahun ke depan). Setelah itu, kita akan kembangkan VLP yang kita miliki untuk aplikasi lainnya.

Di samping pengembangan teknologi VLP, kita tetap akan melanjutkan penelitian epidemiologi molekuler kita. Database molekuler di Indonesia masih sangat minim, itulah alasan utama kita. Hanya saja, sepertinya kita akan lebih memfokuskan pada blood borne virus. Penelitian epidemiologi molekuler blood borne virus sendiri telah berhasil meraih dana hibah dari berbagai sumber selama 3 tahun terakhir (2009-2011).

Kita berharap dalam beberapa tahun ke depan kita akan menguasai teknologi ini dan menjadi yang terdepan di dunia dalam penguasaan teknologi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Skip to toolbar