Dicari: Asisten Lab Biomedik FK UNS

Lab Biomedik FK UNS biasanya membuka lowongan asisten mahasiswa paling awal dibandingkan lab lain, yaitu segera setelah blok imunologi selesai (biasanya setelah pengumuman kelulusan blok).  Sebenarnya, apa sih keuntungan jadi asisten Lab Biomedik FK UNS?

Keuntungannya adalah:

  1. Training “gratis” teknik biologi molekuler dasar (isolasi asam nukleat, PCR/RT-PCR, elektroforesis), real time PCR, ELISA, Flowcytometry, kultur sel, immunohistokimia/sitokimia, blotting, dll. Silakan dicek, training seperti ini tidak murah. Di Lab Biomedik FK UNS, asisten memiliki kesempatan untuk belajar teknik tersebut sampai bisa untuk dilibatkan di penelitian dosen (syarat dan ketentuan berlaku).
  2. Kesempatan untuk memiliki publikasi (nasional &/ internasional) dan atau paten bagi asisten yang terlibat di penelitian dosen (syarat dan ketentuan berlaku).
  3. Tambahan uang saku. Semakin banyak teknik yang dikuasai si asisten ini, semakin banyak pula peluang untuk menambah uang saku. Mulai dari honorarium asisten, asisten peneliti, kepanitiaan &/ instruktur, kerja sampingan mengerjakan sampel, dll (syarat dan ketentuan berlaku).

Lalu, apa syaratnya?  Syaratnya adalah rajin, tekun, bisa bekerja dalam tim, sehat secara kejiwaan dan tidak bermasalah studinya. Mulai tahun 2012 ini, selain lima syarat tersebut, ada persyaratan tambahan:

  1. Fokus dan komitmen untuk Lab Biomedik FK UNS. Saya pribadi termasuk dosen yang menyarankan mahasiswa untuk aktif di kegiatan ekskul. Tapi khusus untuk asisten Lab Biomedik FK UNS, kita menuntut si asisten untuk tidak terlalu sibuk di UKM/kegiatan ekskul yang diikutinya. Silakan kalau si asisten ini aktif di UKM/kegiatan ekskul yang diikutinya, hanya saja, kita meminta kepentingan Lab Biomedik di-nomor-satu-kan.
  2. Memiliki passion yang sangat kuat untuk menjadi dosen-peneliti di kemudian hari. Keuntungan nomor satu dan dua di atas, sangat berkaitan dengan CV dan kapasitas penelitian. Untuk survive sebagai peneliti, CV sangat penting dalam proses perburuan dana penelitian. Dosen baru biasanya bermasalah dalam perburuan dana riset ini karena CV-nya masih “naive”. Dengan bergabung menjadi asisten Lab Biomedik FK UNS, si calon dosen-peneliti ini berpeluang untuk “mencuri start”. Harapannya, begitu menjadi dosen, kemampuan kompetisinya sudah cukup tinggi karena CV-nya sudah kuat. Kenapa ada kata “dosen” di syarat ini? Ya, mulai tahun ini, kita memang mulai fokus kaderisasi. Kita tidak peduli nantinya si asisten ini menjadi dosen di ilmu klinis atau pre-klinis, ambil spesialis atau tidak, praktek atau tidak praktek; yang penting menjadi dosen-peneliti di bidang yang berkaitan dengan biomed, di kemudian hari. FYI, di rumah sakit pendidikan di luar negeri, klinisi juga menjadi peneliti.

Mulai tahun 2012 ini pula, kita akan mencoba untuk tidak menerapkan “sistem kuota” asisten. Jika nantinya yang dianggap layak ada sepuluh asisten, ya kita mungkin akan kita terima semuanya. Begitu pula jika ternyata hanya satu-dua yang dianggap layak, ya kita tidak akan memaksakan diri untuk menerima empat/enam asisten seperti tahun-tahun sebelumnya.

Bagaimana cara bergabung? Hubungi saya dan atau para asisten Lab Biomedik. Rekomendasi asisten termasuk unsur penting dalam proses penerimaan asisten baru. Memiliki kemampuan menulis, event organizer, teknologi informatika, lebih disukai. Ohya, mulai tahun ini pula, lowongan asisten dibuka untuk dua angkatan paling yunior. Sebagai contoh, untuk lowongan asisten tahun 2012: mahasiswa angkatan 2011 dan 2010 berkesempatan untuk mendaftar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Skip to toolbar